[SALAH] Foto Kebohongan dan Kecurangan Wali Kota Solo

Akun Twitter Fadlan R Garamatan atau @fadlannuwaar menggunggah cuitan berupa narasi yang disertai dengan sebuah foto pada 2 Agustus 2020. Cuitan tersebut telah mendapat respon sebanyak 434 suka, 125 retweet, dan 689 balasan. Berikut kutipan narasinya: “Inikah Walikota Solo, sungguh merugi Solo memilihnya, kecuali dengan Kecurangan dan Kebohongan yang memènangkannya”

Berdasarkan hasil penelusuran, foto yang diunggah dalam cuitan tersebut bukan foto Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo melainkan foto putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan seorang pengusaha, Kaesang Pangarep. Foto asli dari cuitan tersebut ditemukan di laman akun Instagram Kaesang atau @/kaesangp. Terkait dengan narasi dalam foto unggahan tersebut yang bertuliskan “Kaesang Jokowi: Daging babi enak daging kambing kayak jengkol busuk !”, ditemukan artikel yang ditayangkan Tempo dengan judul: "Makan Daging Babi, Ini Komentar Kaesang Jokowi". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 22 November 2014. Dalam berita yang ditayangkan Tempo, Kaesang menceritakan pengalaman pertamanya saat berada di Singapura untuk menuntut ilmu melalui blog pribadinya, yakni misterkacang.blogspot.com, yang ditulis dalam artikel yang berjudul “Suka Duka Pertama Kalinya Sekolah di Singapore” pada 5 Maret 2013. Disebutkan bahwa ia tak sengaja memakan daging babi. “Ini daging yang paling enak yang pernah gue coba. Dagingnya itu super lembut, empuk dan maknyus. Setelah gue makan, rencananya gue pengen bawa pulang 1 porsi lagi untuk di asrama nanti. Waktu itu gue baru kepikiran daging yang gue makan itu tadi daging apa ya. Gue tanya sama abangnya yang jual dan abangnya ngomong itu daging babi.” Agar tak terngiang makan babi, Kaesang lalu mencari daging lain yang halal. Setelah berputar sana-sini, akhirnya ia menemukan daging kambing. "Dari luarnya sih keliatan enak banget tapi tau deh rasanya. Setelah gue coba, ternyata rasanya tu gak enak banget, kaya makan arang yang dikasih kuah jengkol busuk. Rugi dah gue.”

Dengan demikian, cuitan yang diunggah akun Twitter Fadlan R Garamatan dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan. Hal ini dikarenakan foto yang digunakan dalam cuitan tersebut bukan foto Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo melainkan foto dari putra bungsu Presiden Jokowi yakni Kaesang yang tidak sengaja makan daging babi saat pertama kali berada di Singapura.

https://turnbackhoax.id/2020/08/05/salah-foto-kebohongan-dan-kecurangan-wali-kota-solo/ https://www.instagram.com/p/BJndshIhm2E/ https://id.wikipedia.org/wiki/F.X._Hadi_Rudyatmo https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4318817/cek-fakta-anak-presiden-jokowi-bukan-pamer-makan-daging-babi-tapi https://nasional.tempo.co/read/623634/makan-daging-babi-ini-komentar-kaesang-jokowi http://misterkacang.blogspot.com/2013/03/suka-duka-pertama-kalinya-sekolah-di.html?m=1

Publish date : 2020-08-05