[SALAH] Foto Gubernur Anies dengan Narasi “MENGAKU KETURUNAN JOGJA DEMI AMBISIUS MENJADI RAJA”

“MENGAKU KETURUNAN JOGJA DEMI AMBISIUS MENJADI RAJA”, tulis akun Facebook Ryan Kerens atau @ryan.kerens.7 dengan melampirkan dua (2) foto Gebernur Anies, pertama foto Gubernur Anies mengenakan mahkota di kepalanya dan kedua, foto Gubernur Anies Bersama dua pria dewasa, Senin (20/7).

Akun Facebook Ryan Kerens atau @ryan.kerens.7 mengunggah dua foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto pertama, dimana Gubernur Anies mengenakan mahkota di kepalanya dan foto kedua, Nampak Gubernur Anies yang masih anak – anak Bersama dua pria dewasa. Dalam unggahan foto tersebut terdapat narasi “MENGAKU KETURUNAN JOGJA DEMI AMBISIUS MENJADI RAJA”. Tidak hanya itu, akun Facebook Ryan Kerens juga menuliskan pendapatnya yang terdiri dari beberapa kalimat. Setelah melakukan penelusuran melalui mesin pencari, diketahui unggahan akun Facebook Ryan Kerens adalah salah atau keliru. Foto kedua dari Gubernur Anies diketahui adalah foto dirinya bersama Ayahnya yakni Rasyid Baswedan dan Kakeknya, Abdurrahman Baswedan yang diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Foto ini dapat dilihat pada Instagram Gubernur Anies, @aniesbaswedan yang diunggah pada 12 November 2017 lalu. Sementara foto pertama, yang diklaim akun Facebook Ryan Kerens sebagai Gubernur Anies adalah salah. Aslinya foto tersebut, adalah foto dari aktor India, Saurabh Raj Jain. Foto ini juga dapat dilihat dari video yang dibagikan akun You Tube, Khatu shyam ji Status dengan video yang diberi judul “Krishnawani whatsapp status ||radhe krishna||mahabharat||gita updesh” pada 28 Mei 2020. Diketahui, Gubernur Anies mengaku orang Jogja ketika berbicang dengan Gus Miftah beberapa waktu lalu. Berikut kutipan obrolan mereka terkait hal ini. “Saya hari ini bersama Mas Anies. Njenengan iki (Anda ini) Arab apa Jawa sih mas?” tanya Gus Miftah yang memakai blangkon hitam berstrip hijau. “Wong Yogjo (Orang Yogya) senengane gudeg (hobinya makan gudeg),” jawab Anies dengan logat Jawa Jogja yang kental.

Dari dua foto yang diunggah, terdapat foto asli dan yang lain adalah hasil suntingan atau editan. Foto editan adalah Gubernur Anies yang mengenakan mahkota di kepalanya, aslinya adalah foto aktor India. Sementara foto kedua adalah foto Gubernur Anies bersama ayahnya dan kakeknya, Abdurrahman Baswedan yang diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi. Diketahui Gubernur Anies mengaku orang Jogja ketika berbincang dengan Gus Miftah beberapa waktu lalu, “Wong Yogjo (Orang Yogya) senengane gudeg (hobinya makan gudeg),” jawab Anies dengan logat Jawa Jogja yang kental,” katanya.

1. https://archive.fo/YkPsh 2.https://www.facebook.com/groups/573384203382088/permalink/599140680806440/?_rdc=1&_rdr 3. https://www.instagram.com/p/BbYw1evDsU5/ 4.https://www.liputan6.com/news/read/3687354/mengenal-ar-baswedan-kakek-gubernur-anies-bergelar-pahlawan-nasional 5.https://www.youtube.com/watch?v=-a7MqPJuNLA 6.https://www.kapanlagi.com/showbiz/bollywood/untuk-ketiga-kalinya-saurabh-raj-jain-akan-perankan-dewa-wisnu-6c1b51.html 7.https://www.wartaekonomi.co.id/read295090/anies-baswedan-bantah-orang-arab-saya-jawa-tulen-yogyakarta

Publish date : 2020-07-27