[SALAH] Anies Sebut Mendungui Warga

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 16/07/2020

Berita

Akun Facebook bernama Rinkashi Tomo mengunggah status pada tanggal 08/07/2020 di grup Facebook bernama “ANIS BASWEDAN PRESIDEN RI 2024” yang berisi sebuah gambar berupa dua bilah tangkapan layar berita mengenai tanggapan Anies Baswedan pada program reklamasi DKI Jakarta. Salah satu pemberitaan dari gambar tersebut berasal dari Kompas.com memberitakan Anies Baswedan “mendungui” warga Jakarta ditambah klaim Anies sebagai penipu. Pemilik status juga menyebut Anies sebagai gubernur hasil demonstrasi pada narasinya.

Berikut kutipan narasinya:

“Buka Suara soal Reklamasi Ancol, Anies: Ini untuk Melindungui Warga dari Banjir”

Hasil Cek Fakta

Dari hasil penelusuran, gambar tersebut merupakan layar tangkap dari pemberitaan Kompas.com yang berjudul “Buka Suara soal Reklamasi Ancol, Anies: Ini untuk Melindungi Warga dari Banjir”. Kemudian judulnya dipelintir menjadi “Melindungui warga dari banjir.”

Anies Baswedan pada berita aslinya di Kompas.com mengklaim bahwa proses yang dilakukan ini adalah untuk melindungi warga Jakarta dari bencana banjir yang menjadi momok di Ibu Kota.

"Proses ini sudah berlangsung cukup panjang bahkan menghasilkan lumpur yang amat banyak, 3,4 juta meter kubik. Lumpur ini kemudian dimanfaatkan untuk pengembangan kawasan Ancol. Jadi ini adalah sebuah kegiatan untuk melindungi warga Jakarta dari bencana banjir," ucap Anies, Sabtu (10/07/2020).

Sebelumnya Anies Baswedan menolak program reklamasi DKI Jakarta pada 2017 seperti yang diberitakan Detik.com pada status. Hal ini yang membuat Anies disebut sebagai “penipu” karena pada 2020 mengizinkan program reklamasi sebagaimana narasi dalam gambar.

Kesimpulan

Gambar suntingan/editan. Judul berita Kompas dipelintir. Anies Baswedan tidak pernah menyatakan hal tersebut tentang kebijakan reklamasi.

Rujukan

  • Mafindo
  • 1 media telah memverifikasi klaim ini