[SALAH] Video “orang Amerika teriak ‘Vote Jokowi’ di saat protes”

Akun Bayu Rotinsulu (fb.com/100032093442259) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut: “Sungguh bangga jadi rakyat pak Jokowi sekaligus cebongers, bahkan orang Amerika teriak “Vote Jokowi” di saat protes.. VOTE JOKOWI!! VOTE JOKOWI!! VOTE JOKOWI!!”

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa orang Amerika teriak “Vote Jokowi” saat aksi unjuk rasa protes atas kematian George Floyd di Amerika Serikat adalah klaim yang salah. Bukan teriak “Vote Jokowi”. Kata-kata yang dinyanyikan di video itu adalah “No Justice, No Peace” dan “Fuck The Police”. Peristiwa di video itu adalah aksi unjuk rasa protes atas kematian George Floyd di Atlanta, ibu kota negara bagian Georgia, Amerika Serikat. Video yang identik dengan video yang diunggah sumber klaim, diunggah oleh akun Instagram @thatboyfunny pada tanggal 3 Juni 2020 dengan narasi “NO JUSTICE NO PEACE ! Trying to make a change :us: @fatsdabarber” Akun @thatboyfunny juga mengunggah foto saaat sedang mengikuti aksi unjuk rasa tersebut pada tanggal 3 Juni 2020 dengan narasi: “No JUSTICE No PEACE !!Ev ! :us: Everyone deserves to live peacefully but why we have to live differently #justice #blacklivesmatter #alllivesmatterfunny” Sementara, musik yang mengiringi yel-yel tersebut adalah lagu berjudul “Beam Ahhh” yang dari DJ Chipman.

Bukan teriak “Vote Jokowi”. Kata-kata yang dinyanyikan di video itu adalah “No Justice, No Peace” dan “Fuck The Police”. Peristiwa di video itu adalah aksi unjuk rasa protes atas kematian George Floyd di Atlanta, ibu kota negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

https://www.instagram.com/p/CA858mrnaBd/?hl=en https://www.instagram.com/p/CA8968JHKw5/ https://www.youtube.com/watch?v=3cF-cgr6BOs https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nbwjrEjN-cek-fakta-warga-amerika-teriaki-hidup-jokowi-saat-demo-ini-faktanya

Publish date : 2020-06-18