[SALAH] Ir Soekarno: Perjuanganmu Akan Lebih Sulit Melawan Anak Saya

Beredar meme sarkasme pada akun Twitter @memefess dengan karikatur wajah Presiden Pertama. Ir Soekarno dengan narasi pelintiran “PERJUANGANKU LEBIH MUDAH MELAWAN PENJAJAH PERJUANGANMU AKAN LEBIH SULIT KARENA MELAWAN ANAK SAYA” yang diketahui anak dari Ir Soekarno tersebut adalah Ibu Megawati Soekarnoputri yang kini menjabat di salah satu petinggi partai PDIP. Berikut kutipan narasinya: “Halooo Bu Megatron Yeet! PERJUANGANKU LEBIH MUDAH MELAWAN PENJAJAH PERJUANGANMU AKAN LEBIH SULIT KARENA MELAWAN ANAK SAYA”

Berdasarkan penelusuran dengan mesin pencari, postingan meme tersebut merupakan tidak benar dan hasil editan pamflet tersebut. Ir Soekarno tidak pernah bernarasi “PERJUANGANMU AKAN LEBIH SULIT MELAWAN ANAK SAYA.” Setelah ditelusuri narasi asli tersebut merupakan pidato Ir Soekarno saat Hari Pahlawan 10 November 1961 “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” Dan tidak ditemukan soal lebih berat melawan anak dari Ir Soekarno.

Hasil dari penelusuran bahwa meme kutipan pidato Ir Soekarno tersebut, tidak benar dan menyesatkan. Sehingga konten tersebut dinyatakan sebagai Manipulated Content.

https://id.pinterest.com/pin/235735361715912524/ https://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno https://hot.liputan6.com/read/4050804/25-kata-bijak-soekarno-tentang-kebangsaan-tingkatkan-semangat-cinta-tanah-air https://www.tagar.id/16-ucapan-bijak-soekarno-sebagai–motivasi https://www.boombastis.com/perjuangan-lebih-sulit/36525

Publish date : 2020-04-20