[SALAH] Sabam Sirait Meninggal Dunia Pada 17 April 2020

Beredar pesan berantai di Whatsapp yang menyebutkan Sabam Sirait, salah seorang politikus senior, telah meninggal dunia. Dalam pesan itu disebutkan bahwa ia meninggal pada tanggal 17 April 2020. Berikut kutipan narasinya: “Berita Dukacita; Telah dipanggil Bapa Di Surga Sabam Sirait, pada: Hari : Jumat 17 April 2020 pkl.10.00 Di : RS.Antam Medika Jakarta. Usia : 79 tahun. Rencana disemayamkan: di Rumah Duka RS.Siloam Semanggi Dimakamkan: Sabtu, 18 April 2020 di TPU Sandiego Hills. Demikian Berita Duka ini diterima dari putrinya Yulivia Sirait.”

Melalui hasil penelusuran diketahui bahwa informasi dalam pesan berantai tersebut tidak benar. Putra Sabam yang juga politikus PDIP, Maruarar Sirait, membantah ayahnya telah meninggal dunia. "Ini barusan saya bicara sama Bapak saya. Bapak saya sehat. Bapak saya sedang di rumahnya bersama ibu," kata Maruarar. Maruar menyatakan bahwa ayahanda sudah berada di rumah selama satu bulan terakhir. Dan selama di rumah, Sabam berada dalam keadaan sehat. "Jadi dari rumah dan tidak ke mana mana. Dalam keadaan sehat. Mohon doanya ya. Bahwa berita itu juga tidak benar," jelas Maruarar. Dihubungi terpisah, politikus PDIP yang juga menantu Sabam, Putra Nababan juga memastikan kabar tersebut hoaks. Bahkan, ada informasi yang salah dari kabar duka yang beredar tersebut. "Tidak benar. Beliau itu juga 84 tahun," jelas Putra. Putra juga sempat menyampaikan bahwa ia dan istrinya melakukan video call dengan Sabam. Dan kondisi Sabam sehat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten pesan berantai tersebut tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

https://turnbackhoax.id/2020/04/17/salah-sabam-sirait-meninggal-dunia-pada-17-april-2020/ https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1162676950731505/ https://kumparan.com/kumparannews/kabar-sabam-sirait-meninggal-hoaks-1tEyskelwyz https://www.liputan6.com/news/read/4230428/putra-nababan-kabar-sabam-sirait-meninggal-dunia-itu-hoaks https://news.detik.com/berita/d-4980893/muncul-broadcast-sabam-sirait-meninggal-dunia-keluarga-pastikan-hoax

Publish date : 2020-04-17