Cek Fakta: Tidak Benar Klaim Video Perempuan Khutbah Salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Mei 2023.
Klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun berupa seorang wanita naik ke atas mimbar kemudian mengucapkan kalimat takbir dan berbicara menyapa peserta yang hadir.
Berikut narasinya:
"Masyarakat kabupaten Berau, kaum muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Puji sukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menjalain dan menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan dan saatnya merayakan hari kemenangan".
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Apabila Islam di Permainkan.. 🔥🔥
Al Zaytun.. sesat menyesatkan.. !!!
Al zaytun viral.. dan kebuka boroknye sejak beredarnye ini 👇🏽 video rekaman Sholat ied di Ponpes Al Zaytun.
mulai dari tata cara sholat.. yg shafnya berjarak lbh dr 1 meter.. lbh dr rentangan kedua blh tangan... pake kursi lg di samping masing2 sajadah.. dan juga Khotib khutbahnya seorg wanita.. 🤦🏽‍♀️🔥😤
——
Inilah Cara halus mereka merusakkan Islam. Pemikiran Liberal tanpa mempedulikan halal haram di dalam Islam. Mereka ditaja dan sesungguhnya ada hidden hand di belakang organisasi seperti ini. Pesantren yang membawa imej menyeleweng dan mengelirukan (sesat)."
Benarkah klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun, dengan menyimak narasi perempuan yang berbicara di  dalam video. Ada dua hal yang disebutkan yaitu Kabupaten Berau dan hari kemenangan, dua kalimat tersebut dijadikan kata kunci untuk penelusuran menggunakan Google Search.
Penelusuran mengarah pada tulisan berjudul "Bupati Berau Sholat Id Bersama Masyarakat di Masjid Agung Agung Baitul Hikmah, Semoga Menjadi Manusia yang Lebih Baik" yang dimuat situs resmi Pemerintah Kabupaten Berau.
Dalam tulisan tersebut terdapat foto yang menampilkan sosok yang identik dengan klaim dan ornamen latar belakang yang sama meski pengambilan sudut gambarnya berbeda.
Berikut isi tulisan tersebut:
"Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih Mas bersama Forkopimda Berau menunaikan Shalat IdulFitri 1 Syawal 1444 Hijriah, di Masjid Agung Baitul Hikmah, Sabtu (22/4/2023).
Pelaksanaan Shalat Ied Turut Hadir Wakil Bupati Berau, H. Gamalis Ketua DPRD ,Madri Pani, Pejabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) H.Agus Wahyudi, Asisten I Setda Berau, M. Hendratno sejumlah kepala perangkat daerah dan masyarakat Berau secara umum yang hadir sejak 06.30 WIB.
Dikatakan Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih Mas , pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H merupakan hari kemenangan setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa diiringi dengan kegiatan ibadah yang penuh berkah di dalamnya.".
Video tersebut juga pernah ditelusuri Liputan6.com dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Wanita dalam Video ini Jadi Khatib Salat Jumat di Ponpes Al Zaytun", 
Dalam artikel tersebut ditemukan fakta perempuan dalam video bukan sedang memberikan khutbah Salat Jumat di Ponpres Al Zaytun.
Video itu merupakan kegiatan Bupati Berau Sri Juniarsih saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Agung Baitul Hikmah, Kaltim.
 
 


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun tidak benar.
Perempuan dalam video tersebut Bupati Berau Sri Juniarsih saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Agung Baitul Hikmah, Kaltim.
 

https://beraukab.go.id/v2/?p=15761
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5292896/cek-fakta-tidak-benar-wanita-dalam-video-ini-jadi-khatib-salat-jumat-di-ponpes-al-zaytun
 
 
 

Publish date : 2023-05-29