Cek Fakta: Hoaks File APK Laporan Pengiriman Paket dari Akun WhatsApp Pos Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan. Klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia berupa laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp yang menggunakan foto profil logo Pos Indonesia, pengirim laporan mencantumkan file berbentuk APK dengan nama IMG. Pengirim pesan tersebut pun melaporkan jika paket sudah dikirim dan diletakan di depan, kemudian mengarahkan penerima pesan untuk membuka foto yang dikirimnya berupak file APK tersebut sebagai bukti paket sudah diletakan. Benarkah klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia, dalam pengumuman berujudul "Waspada Penipuan Lewat Link Tak Dikenal di Telegram atau WA" yang dimuat situs posindonesia.co.id menyatakan, informasi tersebut bukan berasal dari Pos Indonesia dan merupakan modus penipuan. "Pesan dari seseorang yang berisi link tak dikenal atau file **.apk, abaikan saja. Hal ini memungkinkan Link tersebut adalah link phising atau link penipuan. Phising sendiri adalah salah satu kejahatan siber bentuk penipuan untuk memperoleh data sensitif pengguna seperti pin dan password aplikasi keuangan.". Sumber:https://www.posindonesia.co.id/id/program-kami/detail/56/waspada-penipuan-lewat-link-tak-dikenal-di-telegram-atau-wa

Hasil penelusuran Cek Faklta Liputan6.com, klaim file APK laporan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia tidak benar. File APK dalam laporan tersebut  adalah link phising atau link penipuan.

Publish date : 2023-05-22