[SALAH] Raffi Ahmad dan Ruben Onsu Sumbang 1.2M untuk Indra Bekti

Channel YouTube Faktual TV pada 3 Januari 2023 mengunggah video yang tidak memiliki keterkaitan antara judul dengan isi konten. Pemilik channel tersebut menulis judul dengan klaim bahwa Raffi Ahmad dan Ruben Onsu memberikan sumbangan sebesar 1.2M kepada rekan sesama presenternya, Indra Bekti, yang kala itu sedang menjalani proses perawatan di rumah sakit akibat pecahnya pembuluh darah otak. Namun isi video tersebut justru sama sekali tidak menampilkan pemberitaan mengenai sumbangan dari Raffi Ahmad dan Ruben Onsu seperti yang tertera pada judul unggahan.

Channel YouTube Faktual TV pada 3 Januari 2023 mengunggah video yang tidak memiliki keterkaitan antara judul dengan isi konten. Pemilik channel tersebut menulis judul dengan klaim bahwa Raffi Ahmad dan Ruben Onsu memberikan sumbangan sebesar 1.2M kepada rekan sesama presenternya, Indra Bekti, yang kala itu sedang menjalani proses perawatan di rumah sakit akibat pecahnya pembuluh darah otak. Namun isi video tersebut justru sama sekali tidak menampilkan pemberitaan mengenai sumbangan dari Raffi Ahmad dan Ruben Onsu seperti yang tertera pada judul unggahan. Setelah dilakukan penelusuran, foto thumbnail yang menampilkan Raffi Ahmad dan Ruben Onsu yang sedang menjenguk Indra Bekti di rumah sakit merupakan hasil rekayasa. Faktanya, foto badan Indra Bekti dalam thumbnail tersebut adalah milik aktor Reza Rahadian yang tengah sakit tipus pada Maret 2016 silam. Dalam foto asli tersebut, Reza Rahadian terlihat sedang dijenguk oleh bos MD Pictures, Manoj Punjabi. Tak hanya itu, potongan-potongan video yang ditampilkan dalam unggahan tersebut pun juga diambil dari beberapa peristiwa yang tidak saling berkaitan. Hal ini terlihat pada video pro dan kontra dari beberapa pihak seperti Aldi Taher dan Ricky Komo yang mengomentari tindakan penggalangan dana yang dilakukan oleh istri Indra Bekti, Aldila Jelita. Selain itu, pada awal video juga menampilkan Raffi Ahmad yang sedang menceritakan mengenai kerja keras dan pengorbanan yang harus ia lakukan di masa sulitnya dahulu. Diketahui bahwa video asli yang menampilkan sosok suami dari Nagita Slavina tersebut merupakan video dari channel YouTube milik presenter Vincent Rompies dan Deddy Mahendra Desta atau VINDES (https://www.youtube.com/@VINDES) yang diunggah pada 14 Oktober 2022.

Unggahan video dengan klaim bahwa Raffi Ahmad dan Ruben Onsu memberikan sumbangan sebesar 1.2M kepada Indra Bekti merupakan konten dengan koneksi yang salah. Faktanya, Raffi dan Ruben tidak pernah memberikan pernyataan resmi terkait sumbangan sebesar 1.2M kepada Indra Bekti. Selain itu, video yang ditampilkan pada unggahan tersebut nyatanya juga diambil dari beberapa peristiwa yang tidak saling berkaitan.

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2472096/ini-yang-membuat-reza-rahadian-akhirnya-tumbang https://www.youtube.com/watch?v=OUhyBQKvuj0 https://turnbackhoax.id/2023/01/15/salah-raffi-ahmad-dan-baim-wong-sumbang-12-m-untuk-indra-bekti/

Publish date : 2023-01-24