[SALAH] Iriana Jokowi Marah Besar Tak Terima Kehormatan Presiden Dilecehkan

Akun Youtube Politik Nusantara pada tanggal 24 Januari 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Iriana Jokowi marah karena kehormatan Presiden yang juga suaminya dilecehkan. Namun narasi dan video dalam unggahan tersebut justru malah membahas Dokter Tifa. Dalam unggahan video tersebut narator menuturkan bahwa Dokter Tifa hanya berpura-pura membela Jokowi soal ucapan Cak Nun. Dokter Tifa dikenal sebagai dokter yang kontroversial. Ia sering membagikan cuitannya di akun Twitter miliknya. Salah satu cuitan kontroversialnya yaitu tentang ijazah Jokowi. Namun, sekarang cuitan tersebut telah dihapus.

Dikutip dari suara.com, cuitan dr.Tifa tentang Jokowi berbunyi “Soal ijazah ini sama ruwetnya dengan soal mobil ESEMKA. Seruwet kisah hidup orang yang diceritakan Bambang Tri,” cuitnya. Dilanjutkan dengan “”Apakah UGM tidak tahu, pemilik ijazah ini kelak bakal jadi Presiden ya?”. Dapat disimpulkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara isi dengan judul video. Dalam thumbnail dan judul video sendiri, akun Politik Nusantara berisi marahnya Ibu Iriana tak terima kehormatan suaminya dilecehkan. Sedangkan dalam isi dan narasi pada unggahan tersebut sama sekali tidak menampilkan kemarahan Ibu Iriana. Bahkan saat Ibu Iriana dihina sekalipun, ia nampak menenangkan kedua anaknya Gibran dan Kaesang untuk bersabar.

Unggahan video dengan klaim bahwa Ibu Iriana Jokowi marah besar karena kehormatan sang Presiden dilecehkan adalah konten yang tidak benar. Faktanya Ibu Iriana Jokowi tidak pernah nampak mengomentari ataupun merespon haters yang melecehkan Presiden Jokowi dan keluarga.

[1] https://twitter.com/kaesangp/status/1593158817722011648?t=WTrUKKeVFFuL1XWaD4ZNjQ&s=19 [2] https://www.suara.com/news/2022/10/14/092218/nah-loh-dokter-tifa-mendadak-hapus-tweet-soal-isu-ijazah-palsu-jokowi-ada-apa?page=2

Publish date : 2023-01-25