[SALAH] Rekaman Pesawat Yeti Airlines Jatuh Di Nepal terekam Kamera Mobil

Beredar sebuah postingan video oleh akun TikTok MZI pada 16 Januari 2023 yang menampilkan sebuah pesawat yang jatuh ke tanah dan meledak. Video tersebut diduga merupakan kejadian jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Nepal beberapa waktu yang lalu, dengan narasi sebagai berikut: NARASI: Allahu. Rekaman video dari kamera mobil yang merekam kecelakaan pesawat di Nepal. Bela sungkawa untuk keluarga korban.

Berdasarkan hasil penelusuran dengan menggunakan Yandex, video tersebut merupakan peristiwa jatuhnya pesawat kargo Amerika yang jatuh di Afganistan. Dilansir dari kompas.com, video berdurasi sekitar 3 menit tersebut memperlihatkan apa yang terjadi pada pesawat jet Boeing 747-400 tersebut setelah lepas landas dari Bagram Airbase pada pukul 11.20 waktu setempat. Menurut Arthur Rosenberg, seorang pilot, insinyur, dan mitra firma hukum Soberman & Rosenberg berbasis di New York, terlalu banyak muatan kargo di bagian belakang pesawat bisa menjadi salah satu dugaan mengapa pesawat jatuh. “Tampaknya bagi saya seperti pesawat mendongak. Penyebab yang paling mungkin adalah terlalu banyak beban di bagian belakang,” katanya dalam sebuah wawancara telepon. Dengan demikian, klaim jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Nepal adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan. Bukan jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Nepal, melainkan pesawat kargo di Amerika.

REFERENSI: https://www.viva.co.id/blog/lainnya/409621-video-kecelakaan-pesawat-jatuh-dengan-kamera-mobil https://regional.kompas.com/read/2013/05/02/06405822/video.amatir.rekam.detik-detik.pesawat.kargo.amerika.jatuh.di.afganistan

Publish date : 2023-01-25