[SALAH] Kini Sudah Ada Fasilitas Rahim Buatan, Orang Tua Bisa Memilih Karakteristik Bayinya

“Must Watch #technews World’s first artificial womb facility lets you choose baby’s characteristics from menu. #AITechnology #Ectolife #Reinventing #Evolution” “I said it years ago that science will soon produce humans, now we have artificial wombs. While there could be some medical, ethical and governmental issues surrounding this innovation, I think it will help address complications before, during n after childbirth, what do u think?” Terjemahan: “Wajib Ditonton #technews Fasilitas rahim buatan pertama di dunia memungkinkan Anda memilih karakteristik bayi dari menu. #AITechnology #Ectolife #Reinventing #Evolution” “Saya mengatakannya bertahun-tahun yang lalu bahwa sains akan segera menghasilkan manusia, sekarang kita memiliki rahim buatan. Meskipun mungkin ada beberapa masalah medis, etika, dan pemerintahan seputar inovasi ini, menurut saya ini akan membantu mengatasi komplikasi sebelum, selama, dan setelah melahirkan, bagaimana menurut Anda?”

Beredar sebuah video di internet yang menunjukkan sebuah fasilitas bayi buatan yang dapat mengandung bayi manusia. Di Twitter video tersebut diklaim merupakan temuan terkini ilmuan yang sudah memiliki fasilitas rahim buatan, selain itu unggahan di Facebook mengklaim bahwa orang tua dapat memilih karakteristik bayi yang mereka inginkan dari daftar menu. Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut hanyalah sebuah video animasi fiksi ilmiah yang dikonsepkan oleh ahli bioteknologi dan komunikator sains Hashem Al-Ghaili, video tersebut merupakan konsep dari fasilitas yang diberi nama EctoLife. Melalui AFP Ia mengatakan bahwa EctoLife tersebut baru sebuah animasi konsep bukan fasilitas nyata yang kini sudah ada. Selain itu, saat ini para ilmuan baru menciptakan rahim buatan yang dapat membantu bayi prematur, keberhasilan rahim buatan tersebut baru terbatas pada hewan. Prof. Guid Oei yang merupakan salah satu penggagas proyek tersebut dan juga merupakan ketua perinatologi dasar dari University of Technology di Eindhoven, Belanda menyebut dalam video tersebut perkembangan janin bayi sepenuhnya di luar dari tubuh wanita, secara ilmiah hal tersebut tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Dengan demikian, fasilitas rahim buatan yang memungkinkan orang tua dapat memilih karakteristik bayinya merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Faktanya video tersebut hanya sebuah konsep animasi fiksi ilmiah, selain itu belum ada fasilitas rahim buatan di dunia. Selengkapnya di bagian penjelasan.

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.3367666 https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2023/01/18/fact-check-artificial-womb-facility-idea-doesnt-exist-yet-pregnancy-gestation/11041946002/

Publish date : 2023-01-24