[SALAH] Gempa Bumi di Malang Telan Ratusan Koban Jiwa

“BENCANA HARI INI~HANCUR BERSERAKAN:bangbang:GEMPA BUMI HARI INI TELAN RATUSAN NYAWA HINGGA TAK TERTOLONGLAGI”

Kanal Youtube KIKY02 OFFICIAL mengunggah video dengan klaim terjadi gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pada judul video disampaikan bahwa bencana tersebut menelan ratusan nyawa hingga tidak tertolong lagi. Setelah dilakukan penelusuran, narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang ditulis oleh Liputan6 dengan judul “Gempa Hari Ini 17 Januari 2023 Guncang Malang Jawa Timur Magnitudo 5,1, Ini Imbauan BMKG”. Artikel tersebut menginformasikan tentang bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Malang pada tanggal 17 Januari 2023. Gempa bumi terjadi di 125 kilometer Barat Data Kabupaten Malang dengan kekuatan magnitudo 5,1. Gempa tersebut berkedalaman 17 kilometer dan BMKG menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami. Dalam artikel juga dituliskan beberapa hal yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa, seperti yang disampaikan pada narasi video.

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari. Video yang diunggah hanya menjelaskan mengenai bencana gempa bumi yang terjadi di Malang, Jawa Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami dan tidak ada keterangan mengenai korban jiwa dalam kejadian tersebut.

https://www.liputan6.com/saham/read/5181981/gempa-hari-ini-17-januari-2023-guncang-malang-jawa-timur-magnitudo-51-ini-imbauan-bmkg

Publish date : 2023-01-24