[SALAH] Video Ferry Irawan Dibawa Ambulance Setelah 4 Hari Dipenjara

Akun Youtube Faktual TV (https://youtube.com/@faktualtv1987) pada tanggal 21 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang tidak memiliki keterikatan antara judul dengan isi konten. Pemilik akun tersebut menuliskan judul artis Ferry Irawan dilarikan ke rumah sakit setelah 4 hari dipenjara. Namun dalam unggahan tersebut justru membahas empat artikel tentang Venna Melinda dan Ferry Irawan yang kemudian dinarasikan oleh narator video tersebut. Adapun artikel yang dibahas yaitu Ferry Irawan meminta maaf kepada Athala hingga sujud di kaki anak Venna Melinda, somasi keluarga Ferry terhadap Denny Sumargo, dan juga permohonan keluarga Ferry minta dibebaskan karena penyakit distonia karena khawatir kambuh kalau stres berlebihan.

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat ketidaksesuaian antara isi dengan thumbnail video serta judul yang diunggah. Dalam thumbnail dan judul video sendiri, akun Faktual TV menampilkan Ferry Irawan yang dibawa ambulance dan nampak sakit. Sedangkan dalam isi yang ditampilkan pada video tersebut hanyalah berisikan kumpulan foto serta narasi dari artikel di atas. Artikel tersebut bersumber dari detik.com, banten.tribunnews.com dan suara.com. Ferry Irawan memang mempunyai riwayat sakit distonia satu tahun lalu. Hal ini disampaikannya di acara E-Talk Show tvOne. Namun setelah ditelusuri penyakitnya kini telah sembuh dan tidak kambuh selama ia dipenjara. Pihak keluarga hanya khawatir distonia Ferry kambuh saat dipenjara karena stres berlebih.

Unggahan video dengan klaim Ferry Irawan sakit dibawa ambulance di hari ke 4 ia dipenjara merupakan konten dengan koneksi yang salah. Judul yang ada tidak mendukung isi video. Faktanya di tahun 2021 lalu, Ferry pernah mengidap penyakit distonia. Sehingga keluarganya khawatir penyakit tersebut kambuh saat Ferry stres di penjara.

[1] https://hot.detik.com/celeb/d-6523590/ferry-irawan-sujud-di-kaki-anak-venna-melinda-athalla-gue-nggak-gila-hormat, [2] https://banten.tribunnews.com/2023/01/19/denny-sumargo-disomasi-keluarga-ferry-irawan-pebasket-sombong-diancam-kena-pasal-uu-ite [3] https://dexcon.suara.com/read/2023/01/19/200856/minta-dibebaskan-keluarga-ungkap-penyakit-ferry-irawan-bisa-kambuh-kalau-stres-berlebihan [4] https://youtu.be/zNLj-411iHY

Publish date : 2023-01-23