[SALAH] Jangan makan pisang ketika sakit asma, batuk, pilek dan gangguan pencernaan

Beredar sebuah postingan video reels oleh akun Facebook Mus tarim. Unggahan video tersebut menyebutkan bahaya mengkonsumsi pisang ketika sakit asma, batuk, pilek dan gangguan pencernaan. Hingga saat ini video tersebut sudah dibagikan sebanyak 220 dengan 43 komentar dan lebih dari 1.000 like.

Berdasarkan hasil penelusuran, terdapat beberapa pernyataan dari dampak saat mengkonsumsi pisang ketika memiliki riwayat penyakit tersebut. Informasi dari alodokter.com, menyebutkan bahwa pisang sendiri tidak memicu produksi asam lambung berlebihan dan sangat-sangat jarang menimbulkan reaksi alergi (yang bisa memicu serangan asma). Oleh karena itu pisang aman saja dikonsumsi oleh penderita asma dan GERD. Konsumsi pisang, jika dilakukan secara wajar, sesungguhnya bisa membantu membuat tenggorokan Anda lebih lembab, tidak kering, sehingga batuk pun akan membaik. Konsumsi pisang mungkin memperparah batuk apabila diolah dengan bahan yang bisa memicu batuk, contohnya bila digoreng, ditambahkan cokelat, atau pemanis buatan. Dilansir dari cekfakta.tempo.co, penderita gangguan pencernaan seperti asam lambung, tidak dilarang mengkonsumsi buah pisang. Ahli gastroenterologi dari St. Vincent Medical Center AS, Patrick Takahashi, MD, menyebut pisang termasuk buah yang baik untuk penderita asam lambung. Dengan demikian, klaim bahaya mengkonsumsi pisang ketika sakit asma, batuk, pilek dan gangguan pencernaan adalah tidak benar jika dikonsumsi dengan baik. Kandungan nutrisi yang ada pada pisang, justru bisa membantu proses penyembuhan empat penyakit tersebut, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan. Bahaya mengkonsumsi pisang ketika sakit asma, batuk, pilek dan gangguan pencernaan adalah tidak benar jika dikonsumsi dengan baik. Kandungan nutrisi yang ada pada pisang, justru bisa membantu proses penyembuhan empat penyakit tersebut.

REFERENSI: https://doktersehat.com/informasi/gangguan-pernapasan/makan-pisang-saat-batuk-pilek/ https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-buah-pisang-dapat-memperparah-batuk https://www.alodokter.com/komunitas/topic/pisang-untuk-penderita-asma https://cekfakta.tempo.co/fakta/2120/keliru-larangan-makan-pisang-saat-asma-batuk-pilek-dan-gangguan-pencernaan https://health.kompas.com/read/2020/10/05/193700268/apakah-penderita-asam-lambung-boleh-makan-pisang?page=all

Publish date : 2023-01-24