[SALAH] Ratusan Rudal Australia Mendarat di Jantung Konvoi TNI

Beredar sebuah postingan video oleh akun Facebook Mawar Hitam, pada 29 Desember 2022. Unggahan video tersebut menyebutkan terjadinya perang antara Indonesia dengan Australia untuk memperebutkan gugusan Pulau Pasir, dengan narasi sebagai berikut. NARASI: Tak sempat di tepis…!!! Ratusan rudal Au5tr4al1a mendarat tepat di jantung konvoi TN1.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim perang antara Indonesia dengan Australia yang mengeluarkan rudal di konvoi TNI adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, salah satu video serupa yang ditemukan pada akun YouTube “Khafid Abi” menampilkan kegiatan konvoi yang dilakukan anggota Batalyon Bekang 2 Kostrad, di Malang pada tahun 2020. Sementara kendaraan bertuliskan Denzipur-10/KYD yang ditampilkan dalam unggahan di Facebook identik dengan video ini, yang disebutkan sebagai kegiatan tes truk dobel gardan milik TNI. Dalam dua video itu tidak disebutkan ada kaitannya dengan klaim perang antara Indonesia dengan Australia. Video tersebut sengaja digabungkan menjadi satu. Dengan demikian, klaim terjadinya Australia mengeluarkan rudal pada konvoi TNI adalah salah, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan. Video tersebut sengaja digabungkan menjadi satu, klaim terjadinya Australia mengeluarkan rudal pada konvoi TNI adalah salah.

REFERENSI: https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/02/131300682/-hoaks-ratusan-rudal-australia-mendarat-di-jantung-konvoi-tni?page=all https://www.youtube.com/watch?v=lojq32vHofs

Publish date : 2023-01-24