[SALAH] NASA PUNYA MESIN PEMBUAT AWAN HUJAN BUATAN

Wow keren! NASA Punya Mesin Pembuat Awan Hujan Buatan, Sekali dihidupkan Hujan Langsung turun! (Dalam video)

Akun tiktok bernama muhiq_0 mengunggah video yang menampilkan sebuah mesin mengeluarkan asap tebal menyerupai awan. Dalam narasi video tersebut mengatakan mesin tersebut milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan jika mesin tersebut dihidupkan hujan akan langsung turun. Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut bukanlah video mesin pembuat awan milik NASA. Video tersebut merupakan video dari channel youtube resmi NASA yang diunggah dengan judul "NASA Tests RS-25 Flight Engine for Space Launch System" pada 20 Oktober 2017. Video tersebut tidak menunjukkan mesin penghasil awan hujan milik NASA melainkan menampilkan rekaman dari NASA yang sedang melakukan uji mesin roket RS-25 pada Oktober 2017 di Stennis Space Center di Mississippi. Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa NASA mempunyai mesin pembuat awan hujan buatan tidak terbukti dan termasuk ke dala kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo. Faktanya video tersebut merupakan rekaman dari NASA yang sedang melakukan uji mesin roket RS-25 pada Oktober 2017 di Stennis Space Center di Mississippi.

https://www.youtube.com/watch?v=lFqfCDEp6iw https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5181347/cek-fakta-tidak-benar-video-nasa-punya-mesin-penghasil-awan-hujan

Publish date : 2023-01-23