[SALAH] Video Febri Diansyah Diseret Keluar Dalam Persidangan Ferdy Sambo Hingga Mengancam Bunuh Hakim

“TERBUKTI BERB0H0NG AKH1RNYA FEBRY DIS3RET P4KSA DARI RUANG SID4NG. BERANI ANCAM BUNUH HAKIM AKHIRNYA FEBRY DISERET PAKSA DARI RUANG SIDANG”

Beredar sebuah video di Facebook yang mana judul dan thumbnail video tersebut mengklaim bahwa Febry Diansyah diseret paksa keluar sidang karena berbohong hingga berani ancam bunuh hakim sidang. Namun, isi video tidak menunjukkan seperti klaim tersebut. Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada bukti serta pemberitaan yang valid yang membenarkan klaim yang ditunjukkan dalam judul dan thumbnail video tersebut. Melalui Kompas.com, dalam video tersebut tidak menunjukkan Febri Diansyah diseret paksa keluar sidang dan mengancam membunuh hakim. Isi video tersebut hanya menampilkan Febry Diansyah ketika menjelaskan tentang adanya keraguan publik terhadap keterangan Putri Candrawathi dalam rekayasa pembunuhan Brigadir J. Dengan demikian, Febri Diansyah diseret keluar dalam persidangan Ferdy Sambo hingga mengancam bunuh hakim merupakan hoax dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada informasi kredibel memvalidasi klaim pada judul dan thubnail video yang dibagikan melalui Facebook tersebut. Selain itu, dalam video tidak menunjukkan bahwa Febri Diansyah mengancam bunuh hakim sidang. Selengkapnya di bagian penjelasan.

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/12/28/142800082/-hoaks-ancam-bunuh-hakim-febri-diansyah-diseret-paksa-dari-ruang-sidang?page=all#page2

Publish date : 2023-01-19