[SALAH] DETIK-DETIK JATUHNYA PESAWAT DI NEPAL

Detik detik jatuhnya pesawat di Nepal

Akun twitter bernama @puputchindo mengunggah sebuah video kecelakaan pesawat dengan narasi yang mengklaim bahwa jatuhnya pesawat tersebut terjadi di Nepal. Setelah dilakukan penelusuran, video yang diunggah pada tanggal 16 Januari 2023 oleh akun tersebut bukanlah video kecelakaan pesawat yang terjadi di Nepal. Video tersebut identik dengan video yang diunggah oleh channel youtube India Today dengan judul "Ilyushin Il-112V: Russian military transport aircraft crashes in outside Moscow| NewsMo" yang diunggah pada tanggal 19 Agustus 2021. Dalam narasi video tersebut menjelaskan sebuah pesawat angkut militer milik Rusia jatuh saat melakukan uji terbang di luar Moskow pada Selasa, 17 Agustus 2021. Pesawat angkut militer ringan terbaru ini jatuh di kawasan hutan saat hendak mendarat di lapangan terbang Kubinka, Barat Moskow. Berdasarkan penelusuran klaim bahwa video jatuhnya pesawat di Nepal tersebut tidak benar dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo. Faktanya video tersebut adalah video pesawat angkut militer milik Rusia yang jatuh saat melakukan uji terbang di luar Moskow pada Selasa, 17 Agustus 2021.

https://www.youtube.com/watch?v=Oz6p6hhraM8&ab_channel=IndiaToday https://www.youtube.com/watch?v=0VpO1IghW1Q&ab_channel=KOMPASTV

Publish date : 2023-01-19