[SALAH] Video “Istri Anies & Anies Tiba Di Gedung KPK, Penyidik Dalami K0rupsi Bans0s Yang Merugikan Rakyat 3 T?”

NARASI: “Istri Anies & Anies Tiba Di Gedung KPK, Penyidik Dalami K0rupsi Bans0s Yang Merugikan Rakyat 3 T??”.

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN dan potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dari situs yang memuat tulisan opini. Gambar pratinjau yang digunakan adalah hasil SUNTINGAN, salah satu sumber foto ASLI oleh Kaltim Today: “Bupati Kutim nonaktif Ismunandar saat berada di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta dan saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. (Istimewa)” (deskripsi foto) Artikel yang dibaca di video, SEWORD: “Baru partai solidaritas Indonesia yang ngegas soal dugaan korupsi yang dilakukan oleh Yohanes Baswedan yang sampai membuat jatah beras bagi para rakyat DKI yang sulit membusuk.” Salah satu potongan video yang digunakan di video, TIDAK berkaitan dengan Anies Baswedan. Salah satu video yang identik dengan konteks yang BENAR, Sekretariat Presiden di YouTube: “Presiden Joko Widodo mengatakan menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK terkait penetapan Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai tersangka. Hal tersebut disampaikannya di Istana Kepresidenan Bogor, 6 Desember 2020.”

MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN dan potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dari situs yang memuat tulisan opini.

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan). [2] kaltimtoday.co: “Dalami Kasus Dugaan Tipikor Ismunandar, Anggota DPRD Kutim Fraksi PDIP Ikut Diperiksa”, https://bit.ly/3IXAdWu / https://archive.ph/1KuWa (arsip cadangan). [3] seword.com: “Baru PSI yang Gaspol Soal Dugaan Korupsi Bansos, Partai Lain Mana?”, https://bit.ly/3kryY7u / https://archive.ph/CRr00 (arsip cadangan). [4] youtube.com: “Pernyataan Presiden RI terkait Penetapan Mensos sebagai Tersangka KPK, Istana Bogor, 6 Desember 2020”, https://bit.ly/3QRccSH / https://archive.ph/4nJ94 (arsip cadangan).

Publish date : 2023-01-19