[SALAH] Indonesia Uji Coba Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

“DUNIA KAGET !! INDONESIA UJI COBA PELURU KENDALI BERTENAGA NUKLIR KARYA ANAK BANGSA”

Akun TikTok Lore Militer membagikan video dengan klaim Indonesia melakukan uji coba peluru kendali bertenaga nuklir karya anak bangsa. Dalam video disebutkan bahwa Indonesia sedang melakukan uji coba Torpedo SUT yang dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia. Setelah dilakukan penelusuran, narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel yang diunggah Bisnis.com dengan judul “Mengenal Torpedo SUT Buatan Dirgantara Indonesia”. Torpedo SUT (Surface and Underwater Target) buatan PT Dirgantara Indonesia ini menjalani uji tembak dari KRI Cakra-401 saat Latgab TNI Juni 2008. Senjata taktis ini pun sukses menghantarkan eks-KRI Karang Galang ke peraduan terakhirnya di dasar laut. Berbeda dengan klaim yang menyebut bahwa peluru kendali tersebut bertenaga nuklir, Torpedo SUT ini digerakkan dengan tenaga motor listrik.

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari. Torpedo SUT buat PT Dirgantara Indonesia digerakkan dengan tenaga motor listrik, bukan menggunakan tenaga nuklir seperti yang dinarasikan dalam klaim video tersebut.

– https://ekonomi.bisnis.com/read/20210116/257/1343737/mengenal-torpedo-sut-buatan-dirgantara-indonesia – https://www.kkip.go.id/2021/01/07/torpedo-sut-buatan-pt-dirgantara-indonesia-1/

Publish date : 2023-01-19