[SALAH] ERDOGAN TURUN TANGAN…!!! TURKI LUNCURKAN RIBUAN PASUKAN UNTUK BANTU TNI-RUSIA KUASAI PULAU PASIR

Akun Youtube DINDING PERTAHANAN mengunggah video pada tanggal 21 Desember 2022 dengan judul “ERDOGAN TURUN TANGAN…!!! TURKI LUNCURKAN RIBUAN PASUKAN UNTUK BANTU TNI-RUSIA KUASI PULAU PASIR”. Video menunjukkan bebrapa cuplikan video kapal perang laut Turki, penembakan senjata jalur udara dan darat.

Penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan dari beberapa video latihan perang yang disertai dengan narasi yang tidak ada kaitannya dengan bantuan tentara Turki untuk Indonesia dalam melawan Australia untuk menguasai Pulau Pasir. Video pertama yang dicuplik dalam video adalah video latihan penembakan yang dilakukan oleh Marinir Amerika Serikat menggunakan senjata M-777 Howitzer yang direkam pada 28-30 Mei 20215 di Danau Lavic, Twentynine Palms, California. Video sebenarnya diunggah oleh akun Youtube Gung Ho Vids dengan judul “Marines Battalion Fire Mission • M-777 Howitzer” Video kedua yang ditampilkan adalah video latihan EFES 2022 yang merupakan latihan angkatan bersenjata skala multinasional yang berada di bawah arahan dan Administrasi Komando Angkatan Darat, Kementerian Pertahanan Negara Turki. Video resmi latihan diunggah di akun Youtube Kementerian Pertahanan Turki “T.C. Millî Savunma Bakanlığı” pada 29 Mei 2022 dengan judul “EFES Tatbikatı Nefes Kesecek!”

Video yang diunggah merupakan kumpulan video latihan perang EFES di Turki dengan skala multinasional, latihan perang marinir Amerika Serikat di California dan latihan-latihan perang lain yang diedit dan diberi narasi yang tidak sesuai.

https://www.youtube.com/watch?v=-4N5LtEJSkE https://www.youtube.com/watch?v=3tzdQrdyxFY https://www.youtube.com/watch?v=AxqaeAPoTiQ

Publish date : 2023-01-18