[SALAH] Raffi Ahmad dan Baim Wong Sumbang 1,2 M Untuk Indra Bekti

Akun facebook Cak Min (https://www.facebook.com/cakmin17) pada tanggal 6 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang tidak memiliki keterikatan antara judul dengan isi konten. Pemilik akun tersebut menuliskan judul bahwa Raffi Ahmad dan Baim Wong menyumbang 1,2M untuk pengobatan Indra Bekti lalu disebut Nikita Mirzani hanya pencitraan. Namun isi dan narasi dalam video tersebut justru membahas kritikan dari beberapa pihak mengenai penggalangan dana yang dilakukan istri Indra Bekti, Aldilla Jelita. Dalam video tersebut Raffi Ahmad menuturkan bahwa ia belum bisa menjenguk Indra Bekti ke Rumah Sakit karena masih dalam keadaan berduka karena neneknya meninggal 31 Desember 2022 lalu.

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat ketidaksesuaian antara isi dengan thumbnail video serta judul yang diunggah. Dalam thumbnail dan judul video sendiri, akun Cak Min berisi Raffi dan Baim menyumbang 1,2M kepada Indra Bekti. Sedangkan dalam isi yang ditampilkan pada video tersebut hanyalah berisikan potongan-potongan video milik akun Tiktok Dr. Lita Gading (https://www.tiktok.com/@litagadingconsult) yang mengomentari keputusan istri Indra Bekti menggalang dana. Lalu, diilansir dari akun https://www.tiktok.com/@yozadifitra Nikita Mirzani menanggapi bahwa penggalangan dana sah sah saja dilakukan oleh siapapun, termasuk dari kalangan selebriti.

Unggahan video dengan klaim Raffi dan Baim sumbang 1,2M, Nikita Mirzani sebut hanya pencitraan merupakan konten dengan koneksi yang salah yaitu judul tidak mendukung isi video. Faktanya Raffi dan Baim tidak menyumbang Indra Bekti sebanyak 1,2M. Melainkan hanya seruan oleh Aldi Taher untuk mereka melalui media sosial Instagram.

[1] https://vt.tiktok.com/ZS8ku5mdL/ [2] https://vt.tiktok.com/ZS8ku2tVF/

Publish date : 2023-01-15