[SALAH] Video Kemunculan Eks Dokter Kandungan Tiko

Akun facebook Riko (https://www.facebook.com/rikoo564) pada tanggal 9Januari 2023 mengunggah sebuah video yang tidak memiliki keterikatan antara judul dengan isi konten. Pemilik akun tersebut menuliskan judul mengenai kemunculan eks dokter kandungan Tiko dan statusnya dengan Bu Eny. Namun isi dan narasi dalam video tersebut justru membahas sikap bijak Tiko dalam menghadapi berita perihal statusnya dengan Bu Eny. Mengingat terdapat beberapa pihak yang meragukan apakah Tiko anak kandung Bu Eny dengan Pak Herman atau tidak. Dalam video tersebut ada seorang wanita yang ikut mengomentari sikap Tiko yang tegar dan merawat ibunya ODGJ dengan sepenuh hati. Wanita tersebut salut dengan attitude Tiko yang sangat baik walaupun dibesarkan oleh ibu yang memiliki gangguan mental.

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat ketidaksesuaian antara isi dengan thumbnail video serta judul yang diunggah. Dalam thumbnail dan judul video sendiri, akun Riko berisi tentang kemunculan eks dokter kandungan Tiko. Sedangkan dalam tayangan video tersebut hanyalah berisikan potongan-potongan video milik akun Tik Tok Dyahdy Kusumandari (@dyahdykusumandari ) yang bukan merupakan dokter kandungan Tiko serta sumber lain. Dyahdy Kusumandari hanya pengguna Tik Tok biasa yang menunjukkan rasa salutnya dengan kepribadian Tiko dan dalam video yang diuploadnya tidak ada klaim bahwa dia seorang dokter kandungan.

Unggahan video dengan klaim eks dokter kandungan muncul menjelaskan Tiko anak kandung Bu Eny merupakan konten dengan koneksi yang salah yaitu judul tidak mendukung isi video.

https://vt.tiktok.com/ZS8kMRp46/

Publish date : 2023-01-14