[SALAH] Video Ferry Irawan Jujur ke Uya Kuya

Akun Youtube Faktual TV (https://www.youtube.com/@faktualtv1987) pada tanggal 11 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang tidak memiliki keterikatan antara judul dengan isi konten. Pemilik akun tersebut menuliskan judul Ferry Irawan jujur ke Uya Kuya terkait kasus KDRT yang dilakukannya terhadap Venna Melinda. Namun isi dalam unggahan tersebut justru berisi potongan video tanggapan para artis terkait kasus KDRT.

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat ketidaksesuaian antara isi dengan thumbnail video serta judul yang diunggah. Dalam thumbnail dan judul video sendiri, Ferry Irawan jujur ke Uya Kuya. Sedangkan dalam isi yang ditampilkan pada video tersebut tidak menampilkan video pertemuan antar keduanya. Justru dalam unggahan video tersebut hanya berisi cuplikan-cuplikan video serta narasi dari berbagai sumber diantaranya akun Tiktok Maia Estianty, acara Rumpi Trans TV dan lain-lain. Bersumber dari CNN Indonesia (https://youtube.com/@CNNindonesiaOfficial), hingga saat ini Ferry Irawan didampingi kuasa hukumnya tidak mengakui bahwa dia melakukan KDRT terhadap Venna. Ferry menuturkan bahwa saat itu ia berniat menenangkan istrinya yang sedang memukuli dirinya sendiri. Dalam wawancara tersebut Ferry bersitegas luka yang dialami Venna bukan hasil perbuatannya. Dan per tanggal 17 Januari Ferry Irawan resmi ditahan di Polda Jawa Timur.

Unggahan video dengan klaim Ferry Irawan jujur ke Uya Kuya merupakan konten dengan koneksi yang salah yaitu judul tidak mendukung isi video. Faktanya tidak ada video, podcast atau berita yang menampilkan pertemuan antar keduanya.

[1] https://youtu.be/XzZ2rtrktYs [2] https://vt.tiktok.com/ZS8B69axy/ [3] https://youtu.be/c98lC2-Ik5k

Publish date : 2023-01-17