[SALAH] Video Keluarga Cendana Menjemput Tiko

Akun Facebook Makanan jadoel (https://www.facebook.com/Makanan-jadoel) pada 15 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang berisi kumpulan video dengan narasi yang tidak sesuai. Dalam video dinarasikan bahwa Tiko merupakan bagian keluarga Cendana dan dijemput oleh salah satu anggota keluarga Cendana. Dalam video tersebut dinarasikan pula sosok yang pernah dekat dengan ayah Tiko menuturkan bahwa ayah Tiko masih memiliki hubungan dengan mantan Presiden RI, Soeharto. Dilihat dari beberapa barang peninggalan di rumah yang tergolong mewah pada masanya.

Setelah melakukan penelusuran, faktanya hingga saat ini tidak ada bukti bahwa Tiko merupakan bagian dari keluarga Cendana. Dikutip dari jember.jatimnetwork.com Ika yang mengaku cucu Herman Moedji sang kakek hanya pengusaha biasa dan tidak menyebutkan bahwa kakeknya masih saudara dengan Soeharto. Foto pertemuan Tiko dengan keluarga Soeharto seperti yang ditampilkan dalam unggahan tersebut adalah hasil editan. Jadi tidak ada pertemuan antara kedua pihak apalagi sampai ada penjemputan Tiko oleh keluarga Cendana.

Faktanya sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan jika Tiko dan ibunya melakukan tes DNA. Selain itu ayah Tiko tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan mantan Presiden Soeharto.

https://jember.jatimnetwork.com/nasional/pr-516625532/terungkap-benarkah-tiko-keturunan-keluarga-cendana-ini-faktanya-lengkap-dengan-silsilah-keluarga-soeharto?page=2

Publish date : 2023-01-17