[SALAH] “ISTANA HANCUR TOTAL, MAHASISWA PAKSA JOKOWI MUNDUR SECARA TIDAK HORMAT”

ISTANA HANCUR TOTAL! MALAM INI MAHASISWA RATAKAN ISTANA & PAKSA JOKOWI MUNDUR SECARA TIDAK HORMAT?

Sebuah akun Youtube dengan nama channel “Gajah Mada TV” mengunggah video berisi potong-potongan video dengan narasi istana hancur total, mahasiswa paksa Jokowi mundur secara tidak hormat. Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan dari video demo mahasiswa di depan kompleks parlemen DPR/MPR Senayan, Jakarta. Video yang lain memperlihatkan Joko Widodo sedang memamerkan kartu Indonesia Pintar (KIP) pada debat pilpres tahun 2019. Dengan demikian, Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan serta isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan dan merupakan konten yang dimanipulasi.

Hasil periksan fakta Yudho Ardi Informasi yang menyesatkan. Faktanya, Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan dari video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

https://youtu.be/I6QbsNJqXok https://news.detik.com/berita/d-4509429/jokowi-pamer-3-kartu-maruf-amin-diam-di-sesi-debat-pertama

Publish date : 2023-01-17