[SALAH] Gereja Capela dos Ossos di Portugal Dibangun dari Tulang Belulang Umat Islam Andalusia

“Gereja.. Capela dos Ossos. Dibangun dari tulang belulang umat Islam Andalusia.. Dipaksa masuk kristen tp menolak, akhirnya dibantai. Struktur ini terletak di Evora, Portugal”.

Akun Twitter @Qazalyn mengunggah gambar yang memperlihatkan tembok sebuah gereja yang dipenuhi tengkorak dan tulang belulang manusia. Gambar-gambar tersebut diklaim sebagai Gereja Capela dos Ossos di Evora, Portugal, yang dibangun dengan tulang belulang umat Islam Andalusia yang menolak masuk Kristen pada abad ke-17. Cuitan dan gambar yang diunggah pada 25 Desember tersebut telah disukai oleh 53 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 20 kali. Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Dilansir dari AFP Fact Check, Capela dos Ossos merupakan bagian dari gereja Igreja de Nossa Senhora do Carmo dan dibangun dengan menggunakan tulang dan tengkorak dari 1000 biarawan di abad ke-19. Hal tersebut dimaksudkan sebagai pengingat kehidupan duniawi yang fana dan sementara. Selain itu, dilansir dari laman resmi gereja Igreja de Nossa Senhora do Carmo, tidak terdapat penjelasan mengenai tulang-belulang umat Islam yang digunakan untuk membangun Capela dos Ossos tersebut. Lebih lanjut, informasi serupa juga telah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Gereja yang Dibangun Dari Tulang-Tulang Umat Islam” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan @Qazalyn merupakan konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Konten yang menyesatkan. Gereja Capela dos Ossos di Portugal dibangun dari tulang dan tengkorak lebih dari 1000 biarawan pada abad ke-17, bukan dari tulang-belulang umat Islam.

https://factcheck.afp.com/these-photos-show-two-portuguese-churches-decorated-bones-devotees https://igrejadesaofrancisco.pt/capela-dos-ossos/ https://turnbackhoax.id/2020/09/07/salah-gereja-yang-dibangun-dari-tulang-tulang-umat-islam/

Publish date : 2023-01-05