Cek Fakta: Hoaks FIFA Simpan Kaki Pele di Museum

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menyimpan kaki legenda sepak bola asal Brasil, Pele di museum beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Januari 2023. Akun Facebook tersebut mengunggah gambar wajah Pele dan gambar kaki manusia. Dalam gambar itu terdapat narasi berisi klaim bahwa FIFA akan menyimpan kaki Pele di museum. "BREAKING FIFA will keep pele's feet in the museum. Pele's Family has given the permission SOURCE: [TNT_SPORTS_BRAZIL]," demikian narasi dalam gambar tersebut. "#FIFA una mumu no too much😂😂 you can still keep Pele’s special assets in the museum than cutting his legs😞," tulis salah satu akun Facebook. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 2 komentar dari warganet. Benarkah FIFA akan menyimpan kaki Pele di museum? Berikut penelusurannya.    

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar FIFA akan menyimpan kaki Pele di museum. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "fifa will keep pele's feet ini the museum" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Does FIFA Plan on Keeping Pele's Feet in Its Museum?" yang dimuat situs snopes.com pada 3 Januari 2023. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa tidak ada ada informasi valid yang mendukung klaim tersebut. Snopes.com menelusuri tidak ada situs media arus utama yang membuat pernyataan tersebut. Gambar berisi klaim FIFA menyimpan kaki Pele ternyata terdapat watermark dari akun Facebook Sarcasm Football Nepal. Akun Facebook tersebut merupakan milik portal humor sepak bola terkemuka yang berbasis di Nepal. Lebih lanjut, tidak disebutkan dalam siaran pers, pernyataan, atau berita resmi FIFA yang menunjukkan bahwa organisasi tersebut memiliki kepentingan atau niat untuk menyimpan kaki Pele.  

Kabar tentang FIFA akan menyimpan kaki Pele di museum ternyata tidak benar atau hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendukung klaim tersebut.  

https://www.snopes.com/fact-check/fifa-pele-feet-museum/  

Publish date : 2023-01-06