Cek Fakta: Hoaks Penawaran Hadiah Mobil Alphard di Facebook dalam Rangka Tahun Baru 2023

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang penawaran hadiah mobil mewah Toyota Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Toyota Alphard Fans Club pada 30 Desember 2022. Akun Facebook tersebut mengunggah narasi bahwa ada pembagian hadiah mobil Alphard kepada warganet. Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk menuliskan warna mobil favorit di kolom komentar postingan tersebut. "Halo semuanya...kami telah memutuskan dalam rangka menyambut tahun baru 2023, Kami akan memberikan 23 Mobil Toyota Alphard gratis kepada seseorang secara acak yang berhasil mengetik warna favorite contoh "Putih" sebelum tanggal 05 Januari 2023 semoga beruntung," tulis akun Facebook Toyota Alphard Fans Club. Setelah menulis warna favorit di kolom komentar, warganet diminta untuk mengklik tombol biru bertuliskan "Hubungi Kami" di bagian atas halaman Facebook. "Silahkan periksa informasi validasi anda, Caranya klik tombol berwarna biru "Hubungi kami" di bagian atas halaman kami. semoga beruntungūüėä," tulis akun Facebook tersebut. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 ribu kali dibagikan dan mendapat 288 ribu komentar dari warganet. Benarkah ada penawaran hadiah mobil Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023? Berikut penelusurannya. ¬†

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang penawaran hadiah mobil mewah Toyota Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023 di Facebook. Penelusuran dilakukan dengan mengeklik tombol biru bertuliskan "Hubungi Kami" di bagian atas halaman Facebook tersebut. Namun, situs yang dimaksud malah tidak dapat diakses atau tidak ditemukan. Penelusuran juga dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Toyota Indonesia, toyota.astra.co.id. Namun, tidak ada informasi penawaran hadiah mobil Alphard di situs tersebut. Liputan6.com juga mengecek akun Instagram yang dikelola Toyota Indonesia, @toyotaid. Lagi-lagi, tidak ada informasi penawaran hadiah mobil Alphard gratis di akun Instagram tersebut.  

Kabar tentang penawaran hadiah mobil mewah Toyota Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023 di Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Akun Facebook yang membagikan penawaran hadiah tersebut bukan akun resmi. Situs dan akun media sosial resmi Toyota tidak ditemukan program pembagian hadiah Alphard.

https://www.instagram.com/toyotaid/?hl=id https://www.toyota.astra.co.id/home  

Publish date : 2023-01-05