[SALAH] Peneliti Australia Sebut : Jokowi ” Presiden Tak Berkemampuan” Tapi Memiliki Daya Rusak

“Peneliti Australia Sebut : Jokowi ” Presiden Tak Berkemampuan” Tapi Memiliki Daya Rusak .Jangan Lihat CULUNnya .Jangan Lihat CUNGKRINGnya .Jangan Lihat KLEMER-KLEMERnya .Jangan Lihat GAGAP-GUGUPnya .Jangan Lihat KEDUNGUANnya .Jangan Lihat PLONGA-PLONGOnya *Tapi Lihatlah DAYA RUSAKNYA BIKIN 271 JUTA JIWA RAKYAT INDONESIA TERPECAH-BELAH, BIKIN UMAT BERAGAMA TERKOTAK-KOTAK, BIKIN NEGARA HANCUR PORAK PORANDA BAHKAN DUNIA PUN IKUT TRJEBAK & TERSERET DALAM PERMAINANNYA!*”

Akun Facebook “Sumarni Sri” mengunggah beberapa foto hasil tangkapan layar yang mengatakan bahwa peneliti Australia mengatakan bahwa Jokowi merupakan presiden yang tidak memiliki kemampuan namun memiliki daya rusak. Namun setelah dilakukan penelusuran ditemukan fakta bahwa tangkapan layar yang diunggah oleh akun Facebook tersebut berasal dari suntingan judul artikel IDNTODAY News yang berjudul “Peneliti Australia Sebut Jokowi Seperti Wali Kota di Istana Presiden”. Pada artikel tersebut peneliti asal Australia menyebutkan bahwa Jokowi sebagai sosok kontradiksi. Jokowi juga disebut belum mencerminkan sebagai presiden, pemimpin negara, tapi masih di level wali kota. Artikel asli di situs IDNTODAY News sendiri sudah tidak dapat diakses, namun artikel serupa juga telah dimuat oleh Tribunnews dengan judul “Peneliti Australia Sebut Jokowi Seperti Wali Kota di Istana Presiden” yang diunggah pada 4 September 2020. Narasi serupa telah beredar pada tahun 2022 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Judul Artikel IDNTODAY News “Peneliti Australia Sebut : Jokowi “ Presiden Tak Berkemampuan ” Tapi Memiliki Daya Rusak” yang diunggah pada 5 Oktober 2022. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Sumarni Sri” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Hoaks lama beredar kembali (HLBK). Faktanya, tidak ada pernyataan dari peneliti dari Australia yang mengatakan bahwa Jokowi merupakan Presiden tak berkemampuan yang memiliki daya rusak. Selengkapnya di bagian Penjelasan.

https://www.tribunnews.com/internasional/2020/09/04/peneliti-australia-sebut-jokowi-seperti-wali-kota-di-istana-presiden https://turnbackhoax.id/2022/10/05/salah-judul-artikel-idntoday-news-peneliti-australia-sebut-jokowi-presiden-tak-berkemampuan-tapi-memiliki-daya-rusak/

Publish date : 2022-12-04