[SALAH] Video Harimau Muncul di Gunung Pegat Wonogiri

Sebuah video yang diklaim seekor harimau muncul di Gunung Pegat, Wonogiri, Jawa Tengah beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Desember 2022. Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan seorang pengendara mobil merekam seekor harimau yang melintas di sebuah jalanan. Video itu kemudian dikaitkan dengan kemunculan harimau di kawasan Gunung Pegat, Wonogiri, Jawa Tengah. "Info dari teman 1aspal 3pedal hati hati klo lewat gunung pegat," tulis salah satu akun Facebook. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 817 kali ditonton dan mendapat 8 komentar dari warganet.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim seekor harimau muncul di Gunung Pegat, Wonogiri, Jawa Tengah. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat video serupa di situs berbagi video YouTube. Misalnya saja video berjudul "Gadchiroli मध्ये डरकाळी फोडत वाघाचा मुक्त संचार - Tv9" yang diunggah channel YouTube TV9 Marathi pada 27 Maret 2022.

Video yang diklaim seekor harimau muncul di Gunung Pegat, Wonogiri, Jawa Tengah ternyata tidak benar. Faktanya, video harimau melintas itu terjadi di wilayah Maharashtra, India.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5148159/cek-fakta-tidak-benar-video-harimau-muncul-di-gunung-pegat-wonogiri https://www.youtube.com/watch?v=Ph4y2j3VXAI

Publish date : 2022-12-08