[SALAH] "HARIMAU PENGHUNI GUNUNG PEGAT MELINTAS DI PERBATASAN NGADIROJO PENGHUBUNG WONOGIRI DAN PACITAN"

HARIMAU PENGHUNI GUNUNG PEGAT MELINTAS DI PERBATASAN NGADIROJO PENGHUBUNG WONOGIRI DAN PACITAN

Beredar video di Tiktok harimau tertangkap kamera sedang melintas di jalan baru-baru ini, direkam oleh seseorang yang kebetulan lewat, dijelaskan dengan narasi bahwa harimau itu melintasi jalan di daerah perbatasan Ngadirojo penghubung Wonogiri dan Pacitan. Setelah melakukan penelusuran, video serupa pernah beredar 8 bulan yang lalu diunggah di kanal Youtube bernama "Thought". Video yang sama, bahwa ada seekor harimau melintas di jalan pada malam hari dan disorot menggunakan lampu mobil, faktanya Dijelaskan pula, harimau tersebut melintas di jalan Kurkheda di distrik Gadchiroli, India. Dapat dilihat dengan data-data ilmiah bahwasanya Harimau Jawa atau nama latinnya Panthera Tigris Sondaica itu telah dinyatakan punah pada kurun waktu sekitar tahun 1980an. Dengan demikian, video yang diunggah akun Tiktok bernama "BanG HermaN 84" merupakan konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Yudho Ardi Informasi yang salah, faktanya video serupa pernah diunggah oleh kanal Youtube bernama “Thought”. Video yang pernah diupload 8 bulan yang lalu dengan judul Real Tiger Caught On Camera at Road in night. Faktanya harimau tersebut melintas di jalan Kurkheda di distrik Gadchiroli, India.

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-video-harimau-terlihat-di-gunung-pegat.html https://www.strategi.id/budaya/pr-1045936157/cek-fakta-video-viral-di-tiktok-simbah-harimau-gunung-pegat-wonogiri-melintas-di-jalan-raya

Publish date : 2022-12-07