Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video ini Kawanan Monyet Masuk Perumahan di Bandung dan Dikaitkan dengan Bencana Alam

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim kawanan monyet masuk perumahan warga di Bandung dan dikaitkan dengan bencana alam beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Desember 2022. Video berdurasi 38 detik itu memperlihatkan kawanan monyet merangsek masuk ke perumahan warga. Mereka terlihat turun dari salah satu atap rumah warga kemudian berlarian ke rumah warga lainnya. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar kawanan monyet masuk perumahan warga di Bandung dan dikaitkan dengan tanda-tanda bencana alam. "Sampurasun para saderek di Bandung, hari ini monyet² pada turun & masuk perumahan dago, cikutra, antapani, mungkin kera² ini turun dari daerah Dago atau Lembang Bandung, pertanda dihabitatnya sudah tidak nyaman, hati² apakah ini menandakan akan terjadi sesuatu seperti gempa ......?🆘🆘," tulis salah satu akun Facebook. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 460 kali ditonton dan mendapat 8 komentar dari warganet. Benarkah video yang diklaim kawanan monyet masuk perumahan warga di Bandung dan dikaitkan dengan bencana alam? Berikut penelusurannya.  

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim kawanan monyet masuk perumahan warga di Bandung dan dikaitkan dengan bencana alam. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images. Hasilnya terdapat video serupa di situs berbagi video YouTube. Satu di antaranya video berjudul "Warga Panik Gerombolan Monyet Serang Permukiman" yang dimuat channel YouTube VIVA.CO.ID pada 13 September 2021. Berikut gambar tangkapan layarnya: "VIVA - Sebuah video memperlihatkan segerombolan monyet menyerang permukiman penduduk di Sungai Sipai, Martapura, Kalimantan Selatan pada hari Senin 13 September 2021. Bahkan gerombolan monyet tersebut membuat warga tak berani keluar rumah," tulis channel YouTube VIVA.CO.ID. Liputan6.com juga menemukan artikel yang membantah video kawanan monyet masuk perumahan warga di Bandung dan dikaitkan dengan bencana alam. Artikel tersebut berjudul "Viral Video Monyet Turun Gunung ke Permukiman di Bandung, Kadiskar PB: Hoaks" yang dimuat situs kompas.com pada 5 Desember 2022 lalu. BANDUNG, KOMPAS.com - Warga Bandung kembali dihebohkan dengan video viral monyet yang turun ke permukiman warga. Turunnya monyet dari pegunungan ini kemudian dikaitkan dengan bencana yang akan melanda Kota Bandung. Video tersebut disertai deskripsi: "Hari ini Jumat 2 Desember 2022 kawanan monyet berjumlah banyak turun dari kawasan hutan Dago Lembang pegunungan Maribaya Manglayang hingga masuk perumahan Cikutra Dago Antapani dan Pertanda apakah di habitatnya sudah tidak nyaman aman?? Sehingga menyebabkan mendesak segera migrasi besar-besaran ke arah Kota Bandung atau apakah ada pertanda alam akan terjadinya sesuatu bencana gempa bumi??" Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) kota Bandung, Gungun Sumaryana mengonfirmasi, video tersebut bukan di Kota Bandung. "Video tersebut merupakan video lama yang terjadi di Sungai Sipai Martapura tahun 2021 silam," ujar Gugun dalam rilisnya, Minggu (4/12/2022). Gungun pun mengingatkan masyarakat agar membiasakan untuk mengecek dan mengonfirmasi kebenaran informasi yang diterima kepada lembaga yang berwenang atau pihak kewilayahan. "Cermati sumber pemberitaannya. Kalau bisa bertanya atau konfirmasi terlebih dahulu kepada lembaga atau organisasi yang menangani atau perangkat wilayah setempat," tutur Gungun. Gungun mengimbau masyarakat hati-hati membagikan informasi atau berita yang dibaca. Jangan mudah terprovokasi dengan info-info yang tidak jelas asal usulnya yang disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. "Jangan langsung menyebarkan pemberitaan sebelum diyakini kebenarannya. Kalau Hoaks ini terus disebarkan akan meresahkan masyarakat," katanya. Gungun meminta masyarakat tak perlu terlalu panik. "Tugas kami memberikan rasa aman kepada warga. Jika ada kejadian kebencanaan dan kegawatdaruratan hubungi 113 atau 112, petugas segera meluncur lokasi," ungkapnya.  

Video yang diklaim kawanan monyet masuk perumahan warga di Bandung dan dikaitkan dengan bencana alam ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut bukan terjadi di Bandung, melainkan di Sungai Sipai, Martapura, Kalimantan Selatan.  

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/05/055656678/viral-video-monyet-turun-gunung-ke-permukiman-di-bandung-kadiskar-pb-hoaks https://www.youtube.com/watch?v=u1zWEa4cWCo  

Publish date : 2022-12-07