[SALAH] Hadiah dari Putin! Kapal Tanker minyak Terbesar Rusia tiba di Perbatasan Indonesia Malaysia

“Hadiah dari Putin! Kapal Tanker minyak Terbesar Rusia tiba di Perbatasan Indonesia Malaysia”

Beredar video Youtube dengan judul yang mengklaim Presiden Putin memberikan hadiah minyak mentah yang dibawa kapal tangker. Video itu menjelaskan kapal tanker minyak Rusia telah berlabuh di Singapura dan Malaysia. Tidak ditemukan informasi tentang pemberian hadiah minyak kepada Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Faktanya kapal tanker minyak Rusia itu merupakan cara Rusia untuk mengalihkan ekspor minyak negaranya ke Asia, karena terkena sanksi Uni Eropa akibat invasi Rusia ke Ukraina. Dilansir dari tribunnews.com Rusia menawarkan harga minyak murah ke Asia. India dan Cina merupakan negara di Asia yang telah membeli minyak murah itu. Presiden Jokowi masih mempertimbangkan untuk membeli minyak murah Rusia di tengah harga minyak sedang berfluktuasi tajam.

Informasi yang salah, Presiden Putin tidak pernah memberi hadiah minyak yang dibawa kapal tangker. Faktanya, keberadaan kapal tanker minyak Rusia itu untuk mengalihkan arus ekspor minyak ke Asia sejak dijatuhi sanksi oleh negara-negara Barat.

https://m.tribunnews.com/internasional/2022/10/28/kapal-tanker-minyak-rusia-merapat-ke-singapura-dan-malaysia-menyusul-sanksi-uni-eropa https://youtu.be/3G4AXL4WtxA

Publish date : 2022-12-05