[SALAH] “VIDEO DETIK-DETIK GEMPA SUSULAN DI CIANJUR”

VIDEO DETIK-DETIK GEMPA SUSULAN DI CIANJUR

Video CCTV yang diunggah akun Tiktok bernama OWNER,KTSM Ryan Sikumbank, video yang juga memberi keterangan gempa susulan. Situasi tersebut seolah-olah terjadi di Cianjur, tampak dari beberapa tagar yang disertakan dalam pesan tersebut. Keterangan gambar pada video tersebut juga menyebutkan bahwa itu adalah gempa susulan yang terjadi di Cianjur, video yang memperlihatkan sekelompok orang sedang melakukan sholat berjamaah berhamburan pergi keluar masjid saat terjadi gempa. Mengutip dari Jawapos.com, video serupa dan lebih lengkap serta berukuran lebar mengarahkan pada kiriman tahun 2018. Tampilan CCTV itu memperlihatkan waktu dan tanggal dalam video. Tertera di bagian pojok kanan, 28-09-2018, pukul 17.54 waktu setempat. Gambar serupa diunggah oleh portal riausky.com. Judulnya berbunyi ”Ini Video Jamaah Shalat Maghrib Berhamburan Saat Terjadi Gempa Palu”. Berita itu terbit pada 29 September 2018. Faktanya video gempa yang diunggah di media sosial Tiktok merupakan informasi yang menyesatkan. Isi video yang sebenarnya adalah gempa bumi di Palu bukan gempa bumi susulan yang terjadi di Cianjur.

Hasil periksa fakta Yudho Ardi Informasi yang menyesatkan. Faktanya video tersebut merupakan video gempa bumi yang terjadi di daerah Palu, Sulawesi Tengah. Pada 28 September 2018.

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/29/11/2022/jemaah-salat-di-palu-tapi-dikaitkan-gempa-cianjur/ https://riausky.com/amp/detail/30785/ini-video-jamaah-shalat-maghrib-berhamburan-saat-terjadi-gempa-palu.html

Publish date : 2022-12-05