[SALAH] Mantan Wakil Presiden Filipina Berpakaian Transparan Saat Kunjungan ke Arab Saudi, Negara Mayoritas Muslim

Kamu terus mengkritik PBBM yang memakai barong…apakah kamu mengkritik ibumu yang memakai baju tembus pandang ketika dia pergi ke Timur Tengah yang merupakan negara yang sangat konservatif??

Beredar sebuah kabar di Twitter yang mengklaim bahwa mantan wakil presiden Filipina, Leni Robredo, mengenakan pakaian yang transparan saat kunjungan kenegaraan ke Timur Tengah, tepatnya ke Arab Saudi yang merupakan negara dengan mayoritas muslim. Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, foto mantan presiden Filipina yang mengenakan pakaian transparan saat sedang menghadiri kunjungan yang terlihat bendera Arab Saudi tersebut bukan berada di Arab Saudi, melainkan di Hotel Shangri-La Manila saat menghadiri undangan Hari Nasional Arab Saudi. Melalui AFP, pihak Robredo mengatakan bahwa selama menjadi wakil presiden ia tidak pernah berkunjung ke Arab Saudi. Dalam unggahan Twitter tersebut dikaitkan dengan banyaknya kritikan terhadap Presiden Filipina, Bongbong Marcos (PBBM) yang mengenakan pakaian Barong saat kunjungan kenegaraan ke KTT ASEAN di Kamboja, saat sesi foto bersama diketahui hanya Presiden Filipina yang tidak mengenakan jas formal. Foto Leni Robredo dijadikan perbandingan bahwa lawan politik PBBM juga pernah mengenakan pakaian terbuka saat kunjungan kenegaraan ke luar negeri. Diketahui, pakaian Barong merupakan pakaian khas Filipina yang terlihat sedikit transparan. Dengan demikian, mantan wakil presiden Filipina berpakaian transparan saat kunjungan ke Arab Saudi merupakan hoax dengan kategori Konteks yang Salah.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada riwayat perjalanan mantan wakil presiden Filipina, Leni Robredo, berkunjung ke Arab Saudi. Foto yang dibagikan merupakan foto lama saat kunjungan Leni Robredo menghadiri Hari Nasional Arab Saudi di Hotel Shangri-La Manila. Selengkapnya di bagian penjelasan.

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32NP2NR https://www.philstar.com/headlines/2022/11/12/2223226/marcos-wears-barong-not-suit-apec-photo

Publish date : 2022-12-04