[SALAH] Pesan Daniel Mananta untuk Umat Nasrani: Ada Jin Kafir di Patung Tuhan Yesus

Beredar sebuah hasil tangkapan layar salah satu artikel di media sosial Facebook yang melibatkan seorang presenter kondang Indonesia, Daniel Mananta. Artikel dari media Viva.com ini mengunggah sebuah artikel dengan judul, “Pesan Daniel Mananta untuk Umat Nasrani: Ada Jin Kafir di Patung Tuhan Yesus”. Akun bernama Baskara Dito yang mengunggah tanggkapan layar ini juga menambahkan kalimat, “Gak salah nihh? Baru nyebrang udah kesambet jin gua hira juga lo….”.

Setelah menelusuri terkait dengan kebenaran klaim yang dijadikan judul pada artike tersebut, ternyata klaim yang menyebutkan bahwa Daniel Mananta menyebut ada jin kafir di patung Tuhan Yesus merupakan klaim yang keliru. Melansir dari isi artikel aslinya sendiri, Daniel Mananta ternyata tidak pernah menyebutkan secara spesifik bahwa ada jin kafir di patung Tuhan Yesus. Dalam unggahan video melalui media sosial Instagramnya, Daniel Mananta menyebutkan bahwa dirinya sepakat dengan pernyataan kontrofersial dari Ustadz Abdul Somad (UAS), yang sempat menghebohkan media sosial dengan menyatakan bahwa ada jin kafir di dalam patung Tuhan Yesus. Namun dalam videonya, Daniel menyebutkan bahwa ada “uncleaned spirit” di dalam setiap patung yang dibuat untuk disembah. “Ini mungkin sebuah kejutan kali, ternyata gue juga setuju sama UAS soal ini. Bahwa, kalau gue mungkin sebutnya ada unclean spirit, ok, di patung, ketika patung yang dibuat manusia disembah,” kata Daniel dalam video yang diunggahnya di Instagram. Daniel mengatakan, menyembah patung adalah sebuah aktivitas berhala dan menyembah patung sendiri sama sekali tidak dibenarkan. Dia kemudian menjelaskan bahwa penyembahan terhadap patung sendiri jelas dilarang dalam Alkitab. “Bahwa ada unclean spirit di patung, ketika patung yang dibuat oleh manusia disembah. Sebelum lu mau komentar lu harus baca dulu Yesaya 44 ayat 13-20. Ini gue pengen ngomong sama umat Nasrani ya, ini tercatat dalam buku sejarah,” tegas dia. Presenter kondang ini sempat mengebohkan jagat dunia maya setelah isu dirinya berpindah agama beredar di berbagai artikel berita dan media sosial. Terkait dengan Daniel Mananta yang berpindah agama dari Kristen ke Islam, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari dirinya yang menyatakan demikian. “Tuhan dekat sama orang-orang kudus, kalau lu tanya gue Islam itu apa, menurut gue itu sesuatu yang kudus,” pungkas Daniel, yang dikutip dari Insertlive.com pada 26 November 2022. Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim judul yang menyatakan Daniel Mananta berpesan pada umat nasrani bahwa ada jin kafir di dalam patung Tuhan Yesus, merupakan klaim yang keliru dan termasuk ke dalam hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara) Faktanya, Daniel Mananta tidak pernah secara spesifik menyebutkan bahwa ada jin kafir di dalam patung Tuhan Yesus. Daniel menyatakan bahwa ada “uncleaned spirit’ pada setiap patung yang dibuat untuk disembah.

https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1545436-pesan-daniel-mananta-untuk-umat-nasrani-ada-jin-kafir-di-patung-salib-yesus?page=2

Publish date : 2022-11-30