[SALAH] Cina dan Rusia Bantu Indonesia Rebut Pulau Pasir dari Australia

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang berisi informasi dengan klaim bahwa Cina akhirnya mengikuti langkah Rusia untuk membela Indonesia dalam rangka perebutan kedaulatan atas Pulau Pasir di NTT dari Australia. Video ini menyebutkan bahwa keputusan ini telah dideklarasikan oleh Presiden Republik Tiongkok (Cina) demi mempertahankan hubungan kenegaraan yang baik dengan Indonesia.

Namun setelah menelusuri terkait kebenaran informasi ini, ditemukan sebuah fakta bahwa klaim yang terdapat di video ini merupakan hoaks. Hoaks ini juga telah ada dengan berbagai modifikasi yang tersebar di berbagai media sosial. Xi Jinping tidak pernah mengeluarkan pernyataan secara resmi terkait keikutsertaan Cina untuk membela Indonesia dalam rangka perebutan Pulau Pasir dari Australia. Dalam hoaks yang sama namun dengan modifikasi, terdapat video Xi Jinping dengan tambahan kalimat yang berbunyi: “Kita sepakat untuk bantu Indonesia, untuk mengusir Australia keluar dari Pulau Pasir. Kami siap kerahkan apa pun demi bela sahabat kami,” demikian teks yang tertera pada video. Namun setelah ditelusuri, ternyata kalimat tersebut bukan terjemahan asli dari pernyataan Xi Jinping di dalam video pidatonya. Pidato asli Xi Jinping berisi sambutan tahun baru 2020 sekaligus membeberkan pencapaian Cina pada 2019. Pidato itu disampaikan pada 31 Desember 2019 dan diunggah di kanal YouTube media Cina, CGTN. “Pada 2019, kita bekerja nyata demi kemakmuran. Berkat usaha keras tanpa kenal lelah, PDB China diperkirakan hampir menyentuh 100 triliun yuan dengan pendapatan per kapita mencapai level 10.000 dollar AS,” kata Xi Jinping. Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan Cina turut membantu Indonesia dalam merebut Pulau Pasir dari Australia merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara) Faktanya, Presiden Republik Tiongkok (Cina) tidak pernah menyampaikan keikutsertaan Cina dalam membantu Indonesia merebut Pulau Pasir dari Australia.

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/07/211350182/hoaks-tujuh-negara-siap-dukung-indonesia-melawan-australia?page=all https://cekfakta.tempo.co/fakta/2021/keliru-video-daftar-negara-yang-akan-bela-indonesia-hadapi-australia-di-pulau-pasir

Publish date : 2022-11-30