[SALAH] Video Al Jazeera: Tiga Warga Ukraina Ditangkap di Qatar Setelah Menggambar Lambang Swastika

Akun Twitter @LogKa11 mengunggah video yang terlihat seperti liputan berita dari media Al Jazeera. Pada video tersebut, terlihat lambang Al Jazeera dan beberapa cuplikan warga yang sedang menonton pertandingan sepak bola. @LogKa11 menambahkan keterangan bahwa video yang diunggahnya merupakan berita mengenai tiga warga Ukraina pendukung Nazi yang ditangkap di Qatar setelah menggambar lambang swastika. Cuitan dan video yang diunggah pada 22 November tersebut telah disukai oleh hampir 2,000 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 1,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut adalah hasil suntingan. Media berita Al Jazeera sendiri telah memberikan klarifikasi bahwa mereka tidak pernah membuat berita dan video tersebut. Pada 24 November lalu, Al Jazeera menulis klarifikasi di laman resminya yang diberi judul: “Fact check: Were three drunk Ukrainians arrested in Qatar?”. Dilansir dari laman resminya, Al Jazeera menjelaskan beberapa poin yang membuktikan video tersebut palsu, diantaranya adalah tidak ada wajah ketiga warga Ukraina yang ditangkap dan pria Ukraina yang berumur 18 sampai 60 tahun tidak diizinkan meninggalkan Ukraina pada saat FIFA World Cup 2022 sedang berlangsung. Tidak hanya itu, Al Jazeera juga memberikan klarifikasi melalui Twitter resminya, @AlJazeera (Al Jazeera PR). Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @LogKa11 merupakan konten yang dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Hasil video suntingan. Media berita Al Jazeera tidak pernah membuat video dan berita mengenai tiga warga Ukraina yang ditangkap di Qatar karena menggambar lambang swastika di poster sepak bola.

https://www.aljazeera.com/news/2022/11/24/fact-check-a-fake-video-of-ukrainian-nazi-fans https://twitter.com/AlJazeera/status/1595779344198246401

Publish date : 2022-11-30