[SALAH] Pesan WhatsApp Dana Bantuan Pertamina Sebesar Rp100 Juta

Beredar pesan WhatsApp terkait pemberian hadiah Rp100 juta dari Pertamina. Dalam pesan tersebut dijelaskan manfaat dari bantuan antara lain: untuk biaya berobat, biaya sekolah, modal usaha, hingga untuk membangun tempat tinggal. Disematkan pula link dan nomor WhatsApp yang dihubungi.

Setelah ditelusuri, informasi mengenai hadiah Rp100 juta dari Pertamina adalah salah. Tautan link yang disematkan mengarah pada link blogspot bukan ke laman resmi Pertamina. Seluruh program promosi Pertamina akan disampaikan melalui situs resmi perusahaan yakni www.pertamina.com, akun media sosial Instagram dan Twitter (@pertamina), serta aplikasi resmi MyPertamina. Pertamina mengimbau untuk waspada atas informasi hadiah yang disampaikan baik melalui SMS, WhatsApp, ataupun email adalah penipuan. Dengan demikian, pesan WhatsApp hadiah Rp100 Juta oleh Pertamina adalah hoaks dan masuk kategori konten palsu.

hasil periksa fakta Rahmah an. Faktanya Pertamina tidak pernah membagikan bantuan, hadiah ataupun undian melalui pesan SMS, Whatsapp maupun email.

https://www.pertamina.com/en/news-room/news-release/pertamina-imbau-masyarakat-waspada-penipuan-undian-hoaks https://pertamina.com/id/waspada-penipuan

Publish date : 2022-11-27