Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video ini Rekaman Satelit Gempa di Cianjur

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim rekaman satelit gempa di Cianjur, Jawa Barat beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 November 2022. Video berdurasi 1 menit 15 detik itu memperlihatkan rekaman citra satelit suatu daerah yang luluh lantak akibat pergerakan tanah. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan rekaman satelit gempa di Cianjur, Jawa Barat. "FHOTO satelit.. Pergerakan tanah...gempa di Cianjur..west Java Indonesia," tulis salah satu akun Facebook. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 4 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar dari warganet. Benarkah video tersebut merupakan rekaman satelit gempa di Cianjur, Jawa Barat? Berikut penelusurannya.  

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim rekaman satelit gempa di Cianjur, Jawa Barat. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "citra satelit gempa" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube. Hasilnya terdapat video identik yang dimuat channel YouTube KOMPASTV pada 6 Oktober 2018. Video tersebut berjudul "Begini Citra Satelit Likuifasi Tanah di Petobo". Berikut gambar tangkapan layarnya: "Usai gempa yang mengguncang Palu dan Donggala, terjadi fenomena likuifaksi tanah di komplek perumahan Petobo, Sulawesi Tengah. Dalam video, dapat dilihat dengan jelas bagaimana pemukiman warga diseret oleh lumpur akibat dari likuifaksi. Likuifaksi merupakan perubahan tanah yang padat menjadi likuid. Fenomena ini biasanya terjadi pasca-bencana gempa bumi," tulis channel YouTube KOMPASTV.

Video yang diklaim rekaman satelit gempa di Cianjur, Jawa Barat ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan citra satelit likuifasi tanah di Petobo, Sulawesi Tengah pada Oktober 2018 lalu.  

https://www.youtube.com/watch?v=SAOiKNGYx5w  

Publish date : 2022-11-30