[SALAH] “MILITER INDONESIA DITAKUTI DUNIA, CHINA SIAP BANTU INDONESIA JIKA DIBUTUHKAN”

Akun Youtube Share Cerita mengunggah video pendek dengan Judul: “MILITER INDONESIA DI TAKUTI DUNIA CHINA SIAP BANTU INDONESIA JIKA DIBUTUHKAN”. Video yang diunggah berisi beberapa potongan video pertempuran dan latihan perang dengan narasi bahwa “Kata Presiden XI Jin Ping Indonesia negara kuat hanya saja pemimpinnya kurang percaya diri akan kekuatan Indonesia. Masyarakatnya punya jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Dalam konflik perebutan pulau pasir dengan Australia, kami siap membantu Indonesia jika dibutuhkan.” Video diunggah di Shorts Youtube pada tanggal 30 Oktober 2022.

Setelah ditelusuri video berasal dari berbagai sumber yang diedit menjadi video yang disertai dengan narasi yang tidak sesuai. Video awal berasal dari video Prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat (U.S. Army) dan Indonesia (TNI AD) yang mengikuti latihan bersama Garuda Shield 2021 pada tanggal 6 Agustus 2021 di Pusat Latihan Tempur Baturaja. Video selanjutnya merupakan video dari latihan khusus yang dilaksanakan oleh Komando Pasukan Katak (KOPASKA) Koarmada I TNI Angkatan Laut di Pulau Damar, Kepulauan Seribu pada tahun 2020. Video lain yang ditampilkan berasal dari cuplikan film dengan judul “Merah Putih Memanggil” yang tayang di bioskop pada 5 Oktober 2017. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa setiap potongan video yang ditampilkan tidak ada kaitannya dengan dukungan China untuk membantu Indonesia dalam persoalan Pulau Pasir. Video merupakan hasil editan dari kumpulan video latihan perang dan film.

Konten yang Dimanipulasi. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa setiap potongan video yang ditampilkan tidak ada kaitannya dengan dukungan China untuk membantu Indonesia dalam persoalan Pulau Pasir. Video merupakan hasil editan dari kumpulan video latihan perang dan film.

https://www.youtube.com/watch?v=I5RDP6nI6W0 https://www.youtube.com/watch?v=x5iIw1Sw11k&t=90s https://www.youtube.com/watch?v=Dm7OEMMmnGs&t=34s

Publish date : 2022-11-29