Cek Fakta: Tidak Benar BMKG Keluarkan Informasi Kewaspadaan atas Sesar Cimandiri

-

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG terkait kewaspadaan atas Sesar Cimandiri. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 November 2022. Berikut klaim informasi BMKG terkait kewaspadaan atas Sesar Cimandiri. "Assalamualaikum Ijin melaporkan komandan situasi Terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB Tingkat waspada Tinggi Wilayah Sukabumi aktivitas Yang di lewati Garis Pergerakan Sesar Cimandiri 1 Minggu Kedepan 1.Pelabuhan Ratu dan sekitarnya 2.Cibadak dan sekitarnya 3.Cicantayan dan Cibolang 4.Sukaraja dan sekitarnya 5.Sukalarang dan sekitarnya 6.Baros dan sekitarnya 7.Salabintana dan sekitarnya 8.Kadudampit dan sekitarnya Himbauan bagi warga tetap waspada dan tidak panik serta tak berpergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing Terimakasih Muspika & Muspida Kota Sukabumi" Benarkah informasi BMKG terkait kewaspadaan atas Sesar Cimandiri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.  

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim informasi dari BMKG terkait kewaspadaan atas Sesar Cimandiri, dalam artikel berjudul "BMKG: Kabar Waspada Aktivitas Pergerakan Sesar Cimandiri dan Erupsi Gunung Gede Penyebab Gempa Bumi Adalah Hoaks" yang dimuat situs Liputan6.com Kepala BMKG Stasiun Geofisikan Bandung Teguh Rahayu membantah BMKG membagikan informasi terkait kewaspadaan atas Sesar Cimandiri. “Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” kata Rahayu dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022). Rahayu menegaskan, kabar tersebut hanya hoaks alias isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas. “Perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, di mana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi. Informasi resmi yang diperoleh dari PVMBG, hingga saat ini status Gunung Gede masih dalam status Level I (Normal),” tutur Rahayu.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim informasi dari BMKG terkait kewaspadaan atas Sesar Cimandiri tidak benar. BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut.

Publish date : 2022-11-22