[SALAH] MENLU RUSIA DILARIKAN KE RS SANGLAH, BALI

Breaking News; Menlu Rusia dilarikan Ke RS Sanglah, Bali

Sebuah akun twitter bernama @alisyarief mengunggah cuitan disertai dengan link berita yang menyatakan bahwa Menlu Rusia yaitu Sergei Lavrov setibanya di Bali, dilarikan ke Rumah Sakit Sanglah, di Denpasar. Pejabat setempat mengatakan Lavrov sedang dirawat karena penyakit jantung. Melansir news.detik.com, Rusia membantah tegas kabar Menteri Luar Negerinya, Sergey Viktorovich Lavrov, dilarikan ke rumah sakit usai tiba di Indonesia. Juru bicara Kemlu Rusia, Maria Zakharova, turut mengunggah video yang menunjukkan Lavrov yang tampil santai di Bali. Video itu dipublikasikan Zakharova melalui akun Telegramnya, Senin (14/11/2022). Dalam video itu, terlihat Lavrov yang mengenakan kaus bertuliskan 'Basquiat' dan celana pendek berwarna biru. Lavrov tampak tengah duduk sembari membaca sebuah dokumen dengan latar belakang pepohonan. Tangannya terlihat memegang pulpen. Dalam unggahannya, Zakharova turut menegaskan bahwa berita Lavrov dirawat di rumah sakit adalah tidak benar atau hoax. Berdasarkan penelusuran, kabar yang menyatakan bahwa Menlu Rusia Sergei Lavrov dilarikan ke RS Sanglah, Bali tidak benar. Kabar itu dibantah oleh video unggahan Juru bicara Kemlu Rusia, Maria Zakharova yang menegaskan bahwa berita Lavrov dirawat di rumah sakit adalah tidak benar atau hoax. Sehingga narasi dari aku twitter @alisyarief adalah keliru dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo. Juru bicara Kemlu Rusia, Maria Zakharova menegaskan bahwa berita Lavrov dirawat di rumah sakit adalah tidak benar atau hoax.

https://news.detik.com/internasional/d-6405727/tegaskan-kabar-dilarikan-ke-rs-hoax-rusia-unggah-video-menlu-santai-di-bali https://www.cnnindonesia.com/internasional/20221114182710-110-873649/video-menlu-rusia-bantah-masuk-rs-sebut-permainan-media-barat

Publish date : 2022-11-21