[SALAH] Robot berukuran sel ditemukan dalam vaksin covid baru

“‼️MICROCHIP‼️ Robot berukuran sel. Itu juga ditemukan dalam vaksin covid baru. Nanoteknologi seukuran sel ini merespons sinyal RF (5G), mengumpulkan dan mengirim data. Itu tidak memerlukan daya apa pun, sangat kecil sehingga hanya bekerja dari frekuensi magnetik RF.”

Beredar sebuah postingan yang mengklaim terdapat robot berukuran sel, yang ditemukan dalam vaksin Covid-19 baru. Klaim tersebut juga menyebutkan bahwa nanoteknologi seukuran sel ini merespons sinyal RF (5G), mengumpulkan dan mengirim data. Dilansir dari kumparan.com istilah nano pada sains digunakan pada skala nano sekitar 1 hingga 100 nanometer, dalam kasus ini, istilah nanopartikel mengacu pada tetesan lipid kecil yang membawa komponen vaksin. Lipid adalah zat yang tidak larut dalam air. Mengutip dari reuters.com nanopartikel lipid pada dasarnya adalah zat yang tidak larut dalam air yang berfungsi melindungi mRNA saat vaksin disuntikkan dan membawanya ke dalam sel. Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang robot berukuran sel ditemukan dalam vaksin Covid-19 baru adalah keliru dan termasuk konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada) Bukan Robot, nanopartikel lipid pada dasarnya adalah zat yang tidak larut dalam air yang berfungsi melindungi mRNA saat vaksin disuntikkan dan membawanya ke dalam sel.

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-vaksin-corona-mengandung-robot-kecil-yang-dimasukkan-ke-dalam-tubuh-1ujVRlgdR7o/full https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-vaccine-nanoparticles-idUSKBN28F0I9

Publish date : 2022-11-21