Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video ini Seremoni Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar

-

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 17 November 2022. Video berdurasi 49 detik itu memperlihatkan sejumlah anak-anak tengah duduk di lapangan sepak bola. Mereka tampak membaca Alquran. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. "Fifa world cup 2022 opening ceremony at Qatar ❤❤😍😍," tulis salah satu akun Facebook. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 71 ribu kali dibagikan dan mendapat 119 komentar dari warganet. Benarkah dalam video tersebut merupakan seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar? Berikut penelusurannya.    

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat gambar identik pada salah satu postingan akun Instagram @yallakora. Akun Instagram tersebut menuliskan narasi bahwa postingannya merupakan upacara peresmian Stadion Al-Thumama di Qatar pada Oktober 2021 lalu. Stadion tersebut merupakan salah satu venue untuk pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 di Qatar. Acara peresmian stadion tersebut dilakukan dengan pembacaan Alquran. Berikut gambar tangkapan layarnya: Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "pembukaan stadion piala dunia Al-thumama di qatar" di kolom pencarian YouTube. Hasilnya terdapat video identik yang diunggah channel YouTube MY TUBE GALLERY pada 23 Oktober 2021. Video tersebut berjudul "Tumama Stadium|| Inauguration [Qatar fifa world cup] 2022". Berikut gambar tangkapan layarnya: "Al THUMAMA stadium inauguration ceremony," tulis channel YouTube MY TUBE GALLERY.  

Video yang diklaim seremoni pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan acara peresmian Stadion Al-Thumama di Qatar pada Oktober 2021 lalu.  

https://www.instagram.com/p/CVWc9NWoY89/ https://www.youtube.com/watch?v=0bGXevQAvXQ  

Publish date : 2022-11-19