[SALAH] Mengunyah Kulit Pohon Jambu Mete Biasa Menetralisir Racun Gigitan Ular

Akun Facebook Kardi Jr memposting sebuah informasi jika dengan mengunyah kulit pohon jambu mete bisa menetralisir racun gigitan ular. Dalam postingan yang diunggah 5 Oktober 2022 tersebut juga dijelaskan cara menggunakannya.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. WHO mengimbau untuk menghindari pengobatan tradisional herbal dan disarankan orang yang terkena gigitan ular segera pergi ke rumah sakit agar mendapatkan pengobatan yang sesuai. Racun pada ular mamba yang disebutkan pada narasi tersebut memiliki beberapa jenis racun di antaranya racun neurotoksik yang mempengaruhi saraf, racun sitotoksik menyerang jaringan dan sel otot di tempat gigitan, hingga racun hemotoksik yang dapat menyebabkan pembekuan darah. WHO bahkan menambahkan racun miotoksik yang dapat menyebabkan kelumpuhan pernapasan sebagai jenis racun yang dimiliki ular mamba. Sampai saat ini untuk menetralisir racun akibat gigitan ular WHO masih menghimbau untuk menggunakan antivenom atau serum anti bisa ular yang disuntikan dalam kurun waktu 4 jam pertama setelah digigit ular, sehingga penanganan cepat gigitan ular oleh ahli sangat perlu dilakukan. Dengan demikian klaim dengan mengunyah kulit pohon jambu mete bisa menetralisir racun gigitan ular adalah hoaks. Tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan hal tersebut dan WHO mengimbau untuk menetralisir racun menggunakan antivenom atau serum anti bisa ular, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan hal tersebut dan WHO mengimbau untuk menetralisir racun menggunakan antivenom atau serum anti bisa ular.

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-mengunyah-kulit-pohon-jambu-monyet-dapat-menetralisir-racun-ular.html

Publish date : 2022-11-17