[SALAH] Mahasiswa Universitas Najran Ikut Melakukan Protes terhadap Pemerintah Arab Saudi

Akun Twitter dengan nama pengguna “asep_rivaa” mengunggah sebuah utas di Twitter yang berisi beberapa video demonstrasi rakyat Arab Saudi untuk memprotes kebijakan pemerintah. Salah satu video yang diunggah berupa video yang disertai narasi bahwa demonstrasi dilakukan oleh mahasiswa Universitas Najran.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan video demonstrasi mahasiswa Universitas King Khalid untuk memprotes diskriminasi dan korupsi yang terjadi di lingkungan universitas pada tahun 2012, bukan dilakukan oleh mahasiswa Universitas Najran. Video serupa telah diunggah oleh kanal YouTube “NashDhill” pada 10 Maret 2012 dengan judul “مظاهرات جامعة الملك خالد 17 – 4 – 1433 ” لا للراشد “”, atau dalam Bahasa Indonesia berjudul “Demonstrasi Universitas King Khalid 4/17/1433”. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “asep_rivaa” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A. Video demonstrasi mahasiswa Universitas King Khalid untuk memprotes diskriminasi dan korupsi yang terjadi di lingkungan universitas pada tahun 2012, bukan dilakukan oleh mahasiswa Universitas Najran.

https://www.youtube.com/watch?v=pg704a--Uaw https://news.okezone.com/read/2012/03/12/373/591571/protes-korupsi-kampus-1-mahasiswi-tewas

Publish date : 2022-11-16