[SALAH] Video “Warga Jateng sedang berjuang keluar dari musibah dan bencana.”

Akun Twitter dengan nama pengguna “caul_tanjung” mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa orang tengah melakukan evakuasi pada saat bencana banjir. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa video tersebut diambil pada saat bencana banjir di Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video banjir di Jawa Tengah. Video tersebut merupakan video evakuasi seorang balita pada saat bencana banjir di Tondano Timur, Minahasa, Sulawesi Utara. Video serupa telah diunggah oleh kanal YouTube “Liputan6” pada 6 November 2022 dengan judul video “Banjir Tondano Timur, Warga Evakuasi Balita yang Rumahnya Hampir Tenggelam | Liputan 6” Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “caul_tanjung” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A. Bukan video banjir di Jawa Tengah. Video tersebut merupakan video evakuasi seorang balita pada saat bencana banjir di Tondano Timur, Minahasa, Sulawesi Utara.

https://www.youtube.com/watch?v=BTz7bNkA2Cs https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6389813/banjir-bandang-terjang-pemukiman-di-minahasa-sulut-3-rumah-hanyut

Publish date : 2022-11-11